APD Langka Dipasaran, Dokter Lanal Babel Racik Hand Sanitizer Standar Medis

Irwan
APD Langka Dipasaran, Dokter Lanal Babel Racik Hand Sanitizer Standar Medis
Lanal Babel meracik hand sanitizer standar medis untuk dibagikan secara cuma-cuma. Foto: Irwan

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID – Merebaknya wabah Coronavirus Disease (Covid-19) hingga ke tanah air, membuat Letda Pardede, seorang dokter yang bertugas di Pangkalan TNI Angkatan Laut Bangka Belitung meracik hand sanitizer untuk dibagikan secara cuma-cuma. Tidak hanya bagi keluarga besar Lanal Babel, namun juga masyarakat sekitar guna mengurangi risiko penyebaran Covid-19.

Hand sanitizer yang diracik oleh Letda Pardede ini menggunakan bahan baku yang sama dengan hand sanitizer yang dijual di pasaran. Sehingga cukup efektif untuk membunuh bakteri atau kuman yang menempel di telapak tangan maupun pakaian.

Bedanya hand sanitizer yang diberi label TNI AL ini berbentuk semprot, bukan gel seperti hand sanitizer pabrikan karena disebabkan sulitnya mendapatkan bahan yang dibutuhkan. Namun hal itu tidak menurunkan kualitas dan efektifitasnya.

Letda Pardede berharap, masyarakat tidak latah dan mencoba membuat sendiri hand sanitizer jika tidak memiliki pengetahuan yang cukup. Karena disamping hanya akan membuat kelangkaan bahan baku juga belum tentu efektif membunuh kuman.

Produksi hand sanitizer ini siap dilakukan Lanal Bangka Belitung secara besar-besaran untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Namun dibutuhkan pasokan bahan baku yang kini semakin sulit didapatkan.

“Kendala kita dibahan baku karena ketersediaan sangat terbatas akhirnya kami sulit mendapatkannya tapi kalau kita diberikan bahan baku tidak masalah, kita bisa buat lebih banyak dan kita sebarkan. Jadi harus ada kerjasama antara TNI AL, pemerintah dan instansi yang ada di Bangka Belitung,” jelas Letda dr. Pardede.

Sementara itu, Komandan Lanal Bangka Belitung Letkol (Laut) Dudik Kuswoyo menyebutkan, pihaknya secara aktif akan mengerahkan seluruh kemampuan untuk membantu pemerintah daerah meminimalisir potensi penyebaran Covid-19 di Bangka Belitung.

“Kita sudah bekerjasama dengan patrol rutin bersama Gubernur dan Kapolda untuk menindaklanjuti masih adanya kumpulan atau kerumunan massa segera kita bubarkan untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Kita juga telah melakukan penyemprotan disinfektan oleh Lanal Babel di sekitar perumahan di Belinyu,” ujar Letkol (Laut) Dudik Kuswoyo. (BBR)