Apdesi Babar Gelar Bimtek Penyuluhan Hukum Dalam Pengelolaan Dana Desa 2021

Kasmirudin
Apdesi Babar Gelar Bimtek Penyuluhan Hukum Dalam Pengelolaan Dana Desa 2021
Apdesi Kabupaten Bangka Barat menggelar bimbingan teknis Penyuluhan Hukum, yang berlangsung di Sol Marina Hotel, Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (18/11/2020). (Foto: Faisal)

PANGKALANBARU, BABELREVIEW.CO.ID -- Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bangka Barat menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Penyuluhan Hukum, yang berlangsung di Sol Marina Hotel, Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (18/11/2020).

Diikuti sebanyak 163 peserta, Bimtek tersebut diselenggarakan dalam rangka peningkatan kapasitas pemerintah desa dan sosialisasi pemdes, PDTT No.13 tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 sekaligus koordinasi kesiapan pemerintah desa dalam penyelenggaraan pilkada serentak 2020 yang aman dan kondusif di wilayah Bangka Barat.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, bimtek tersebut diikuti berbagai unsur pemerintahan desa di antaranya kepala desa, perangkat desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Dibuka oleh Plt Bupati Bangka Barat Sahirman Djumli, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas kades, BPD, aparatur desa terkait tugas pokok dan fungsi dalam aspek hukum penggunaan dana desa sesuai protokol perundang-undangan.

“Pemerintah desa adalah ujung tombak pembangunan, disini peran kades dan BPD sangatlah penting dalam pengelolaan anggaran. Karena akan menjadi penentu arah pembangunan desa,” jelas Sahirman.

Dirinya menerangkan, keberhasilan pembangunan desa oleh pemerintah desa nantinya akan menjadi tolak ukur keberhasilan kabupaten selaku pembina.

"Di dalam pemerintahan desa, diperlukan aparatur yang mampu mengelola manajerial serta paham akan perundang undangan. Untuk memahami bidang tersebut diperlukan adanya pelatihan seperti bimtek ini," ucapnya.

Sahirman memyampaikan, selain memperdalam keilmuan, bimtek ini juga merupakan ajang bertukar informasi serta menjalin sinergi atar lembaga termasuk Pemkab Bangka Barat.

“Bimtek ini adalah ruang sosialisasi tentanga adanya perubahan regulasi-regulasi terkait pelaksanaan pemerintahan desa, untuk itu saya harapkan bimtek ini bisa membentuk aparatur yang paham pengelolaan serta paham perundang-undangan yang bisa diiplementasikan dalam pemerintahan desa," pungkasnya.

Hadir beberapa narasumber dalam kesempatan tersebut di antaranya Kejaksaan Negeri, Kepolisian Resor, Inspektorat, Dinas Sosial, Kesbangpol dan Satuan Polisi Pamong Praja di Kabupaten Bangka Barat. (BBR)


Penulis :  Faisal

Editor   :   Kasmir