Aplikasi Si Dolpin Pemkab Bateng Raih Penghargaan Inovasi Bahari Awards

kasmirudin
Aplikasi Si Dolpin Pemkab Bateng Raih Penghargaan Inovasi Bahari Awards
Ibnu saleh turut hadir langsung dalam penerimaan penghargaan yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Observasi Laut (BROL), Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Kantor Balai Riset dan Observasi Laut Jembrana, Bali, Kamis (29/8/2019). (Foto:Ist)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) mendapatkan penghargaan Bahari Award dari Badan Riset dan Observasi Laut (BROL) di Jembaran Bali pada Kamis (29/8/2019).

Penghargaan tersebut diberikan atas inovasi Pemkab Nateng yang telah melahirkan aplikasi berbasis android yakni Sistem Informasi Daerah Potensial Penangkapan Ikan (Si Dolpin) dalam upaya mensejahterakan masyarakat nelayan di daerahnya.

Bupati Bangka Tengah, Ibnu saleh turut hadir langsung dalam penerimaan penghargaan yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Observasi Laut (BROL), Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Kantor Balai Riset dan Observasi Laut Jembrana, Bali.

Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, Sjarif Widjaja mengatakan, Badan Riset dan Observasi Laut (BROL) turut memberikan inovasi bahari award sebagai bentuk apresiasi terhadap stakeholder dengan beberapa kategori.

"Penghargaan ini adalah apresiasi kita kepada stakteholder dalam upaya mereka membuat inovasi program dalam membatu pekerjaan para nelayan, sementara itu untuk pemerintah kabupaten Bateng sendiri kita anugerahkan penghargaan Inovasi Bahari Award dalam kategori Instansi pemerintah terinovatif aplikasi Sidolpin," ujarnya, Kamis (29/8/2019).

Ia juga menyampaikan dengan inovasi ini, akan dilaksanakan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dan Balai Riset & Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan tentang Sinergitas Perencanaan, Pelaksanaan Pembangunan, Pengembangan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Bangka Tengah.

Sementara itu, Bupati Bangka Tengah menyampaikan, kerja sama ini adalah suatu langkah maju dalam pengembangan sumber Daya Manusia serta Sumber Daya Alam dalam sektor kelautan dan perikanan yang ada di Bangka Tengah.

"Kesepakatan kerja sama ini bertujuan untuk melakukan pelatihan, penelitian, pengembangan dan pemanfaatan Iptek yang meliputi penyelenggaraan inovasi & penerapan riset kelautan perikanan, peningkatan kapasitas SDM, Pemanfaatan sumber daya kelautan perikanan di Bangka Tengah serta kegiatan lainnya yang berhubungan dengan sinergitas dalam pembangunan riset SDM kelautan perikanan dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat kelautan perikanan di Bangka Tengah," jelas Ibnu Saleh.

Ia menerangkan, salah satu kerjasama yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah pengembangan penyempurnaan aplikasi Si Dolpin.

"Dalam kesepakatan ini akan ada banyak kerja sama yang akan kita lakukan, salah satunya dalam waktu dekat pegembangan aplikasi Si Dolpin. Saya harapkan dengan adanya pencapaian kerja sama ini dapat memberi dampak kesejahteraan dan peningkatan ekonomi para nelayan di Bangka Tengah," pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Faisal
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review