ASN Pemkot Pangkalpinang Berani Mudik, Siap-Siap Kena Sanksi

Ahada
ASN Pemkot Pangkalpinang Berani Mudik, Siap-Siap Kena Sanksi
Plt Kepala BKPSDMD Kota Pangkalpinang, Eko Budi Hartono. (Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Kota Pangkalpinang akan menjatuhkan hukuman disiplin kepada ASN yang melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah dan/atau kegiatan mudik pada masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Kebijakan ini diambil sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Selain itu, kebijakan ini dilakukan berkenaan dengan telah ditetapkannya Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan diterbitkannya Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 46 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Kegiatan Mudik dan/atau Cuti Bagi Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19.

"Kami akan melakukan pemantauan atau pengawasan secara ketat terhadap aktivitas Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang dan terus mendorong peran serta Aparatur Sipil Negara dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 baik di lingkungan kerja, tempat tinggal, maupun masyarakat," jelas Eko Budi Hartono SSos MSi,  Plt Kepala BKPSDMD Kota Pangkalpinang, Selasa (28/4/2020).

Pihaknya, kata Eko, akan segera menindaklanjuti setiap dugaan pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara yang tetap melakukan aktivitas bepergian ke luar daerah dan/atau kegiatan mudik.

Bagi ASN yang mudik terhitung mulai tanggal 30 Maret 2020, akan dijatuhi hukuman disiplin tingkat ringan.

Sedangkan ASN yang mudik terhitung mulai tanggal 6 April 2020 dapat dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat.

"Ketentuan ini berlaku sampai dengan berakhirnya masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang ditetapkan oleh Pemerintah," tukas Eko. (BBR)
Laporan: @hada