Atraksi Barongsai Hibur Masyarakat PangkalPinang

diko subadya
Atraksi Barongsai Hibur Masyarakat PangkalPinang
Suasana keramaian malam tahun baru imlek (Babelreview/Diko)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Pertunjukan Barongsai dan Liong menjadi salah satu khas disetiap perayaan tahun baru Imlek Masyarakat Tionghoa, tak terkecuali di Pangkalpinang, Bangka Belitung.

Disetiap malam Perayaan Tahun Baru Imlek, Salah satu klenteng di Pangkalpinang yang menjadi pusat berkumpulnya masyarakat yakni Klenteng Kwan Tie Miau di jalan Toni Wen, PangkalPinang.

Seperti di pergantian tahun yang sudah-sudah, Ratusan Masyarakat PangkalPinang selalu berkumpul menyaksikan pertunjukan Barongsai dan Liong jelang Pergantian tahun.

Suara tabuhan gendang, dan alat musik yang mengiringi gerakan pertunjukan Barongsai dan Liong membuat riuh suasana dilokasi ibadah tersebut, sesekali pengunjung bersorak dan tepuk tangan. Tak sedikit yang mengeluarkan ponsel untuk memotret momen dan merekam suasana.

" keren sekali penampilannya, memang yang ditunggu setiap malam pergantian tahun baru Imlek tu ya atraksi Barongsai dan Liongnya ," ungkap Resvi kepada Babelreview, Jumat (24/1) malam.

Untuk diketahui, Barongsai (tarian singa) dan liang liong (tarian naga) merupakan kesenian khas masyarakat Tionghoa yang lahir ratusan tahun lalu. Kedua tarian ini sering dipertontonkan dalam pesta rakyat Tionghoa, terutama dalam upacara ritual seperti perayaan Tahun Baru Imlek ini.

Singa dalam barongsai diibaratkan oleh masyarakat Tionghoa sebagai raja daratan, yang menguasai seluruh daratan tersebut. Barongsai dimainkan oleh dua orang, gerakan dalam barongsai terjadi secara alami dari imajinasi pemainnya itu sendiri.

Berbeda dengan barongsai, liang liong memiliki panjang 9-10 meter yang dimainkan oleh sembilan orang. Tarian naga ini menggunakan tongkat yang terpasang dibawah perut naga. Dalam pertunjukan tarian naga harus ada kekompakan antar pemain, agar bisa memperlihatkan keindahan liukan dari naga tersebut.(BBR)


Penulis : Diko Subadya

Editor : Admin02