Ayo!. Ikuti UBB Kreatif di Masa Covid-19 Raih Total Hadiah Sebesar Rp 75, 2 Juta

diko subadya
Ayo!. Ikuti UBB Kreatif di Masa Covid-19 Raih Total Hadiah Sebesar Rp 75, 2 Juta
Rektor UBB Dr. Ibrahim, MSi., saat melaunching kegiatan “UBB Kreatif di Masa Covid-19’ yang dilakukan secara online dengan menggunakan layanan virtual meeting dengan jajaran pimpinan di lingkungan UBB, bertempat di ruang rapat Gedung Rektorat UBB. (Foto Humas UBB)

MERAWANG, BABELREVIEW.CO.ID –  Kebijakan pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran covid-19 tentu berimbas kepada kegiatan sehari-hari. Bagi kalian yang kreativitas dan inovatif, namun tetap bisa produktif walau dari rumah saja, Universitas Bangka Belitung (UBB) mengadakan berbagai cabang perlombaan dengan total hadiah 75, 2 juta rupiah. 

Pada Selasa (12/5) pagi, Rektor UBB Dr. Ibrahim, MSi., melaunching suatu program yang bertemakan “UBB Kreatif di Masa Covid-19” bertempat diruang rapat Gedung Rektorat, Kampus Terpadu UBB. Kegiatan ini dalam mendukung himbauan pemerintah untuk tetap di rumah saja selama masa pandemi covid-19, namun tetap kreatif dan produktif.

Dalam sambutannya, Ibrahim menyambut gembira kegiatan yang digagas oleh tim dan panitia di lingkungan UBB, dimana dengan suasana covid-19 menjadikan kita berada disuatu kondisi yang sangat berbeda dengan sebelumnya, namun menurutnya dengan situasi saat ini tidak mengurangi kreatifitas dan produktifita, serta sensitifitas dengan lingkungan sekitar.

“Kami atas nama pimpinan Universitas Bangka Belitung menyambut gembira kegiatan ini, karena di tengah suasana pandemi covid-19 tidak mengurangi kreatifitas kita, tidak mengurangi produktifitas kita, dan yang paling penting adalah tidak mengurangi sensitifitas kita dengan lingkungan sekitar kita,” tuturnya.

Dalam kegiatan kreatif ini, UBB juga mengajak berbagai pihak untuk ikut terlibat dalam menuangkan kreativitas dan inovasinya baik dari kalangan siswa SLTA sederajat, mahasiswa, dan guru yang ada di Bangka Belitung, serta civitas UBB sesuai dengan klaster yang telah ditentukan. 

“Dan yang penting juga, bahwa UBB merasa perlu melibatkan berbagai pihak diantaranya adalah para guru-guru kita, pelajar, dosen dan civitas di lingkungan UBB,” terang Ibrahim.

Tidak hanya itu UBB juga membuka peluang bagi mahasiswa aktif DIII dan S-1 untuk bersaing secara nasional pada perlombaan National Business Plan competition 2020.

Tambahnya, dibalik kegiatan UBB kreatif ini ada misi luhur yang ingin disampaikan, yaitu bahwa kita sama-sama menunjukkan keperdulian kita, sensitifitas kita terhadap lingkungan sekitar dan dengan fenomena covid-19 ini kita bisa banyak belajar.

Wakil Rektor I UBB Dr. Nizwan Zukhri, SE., MM., menjelaskan ada dua kegiatan utama perlombaan, yang terbagi dalam tujuh kriteria diantaranya adalah gagasan dalam tulisan, dan gagasan dalam vidio kreatif.

Berbagai lomba UBB Kreatif yang bisa kamu ikuti selama masa pandemi ini diantaranya;

1. Lomba Vidio Best Practice dengan tema “Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Covid-19” kategori guru dan dosen.

2. Lomba Vidio Kreatif dan Inovatif dengan tema “Inovatif dalam pencegahan covid-19” kategori siswa SLTA dan Civitas UBB.

3. Lomba Vidio Kreatif dengan tema “Belajar Asyik di Masa Pandemik” kategori mahasiswa aktif UBB.

4. Lomba gagasan kreatif dengan tema “Inovasi pembelajaran jarak jauh sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran selama masa pandemi Covid-19” kategori dosen aktif pada Perguruan Tinggi di Babel.

5. Lomba Menulis Opini dengan tema “Inovasi Pencegahan dan Pengendalian Covid-19” kategori mahasiswa aktif UBB.

6. Lomba Desain Poster Himbauan Pencegahan Covid-19 dengan tema “Inovatif dalam pencegahan covid-19” kategori mahasiswa aktif UBB.

7. National Business Plan Competition 2020 dengan tema “Peluang Bisnis di Masa Pandemi dan Pasca Covid-19” kategori mahasiswa aktif DIII dan S-1. 

Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti kompetisi ini sesuai kategori perlombaan yang telah ditetapkan. Selain itu peserta dapat mengikuti kompetisi ini lebih dari satu cabang yang diperlombakan, ketentuan terakhir yang harus dilakukan adalah melakukan pendaftaran dan pengumpulan karya melalui laman pada masing-masing cabang perlombaan.

sosialisasi dan Pendaftaran untuk mengikuti UBB Kreatif ini dimulai pada 12 Mei - 12 Juli 2020, untuk informasi lebih lanjut peserta lomba dapat mengakses langsung webste resmi UBB di laman ubb.ac.id, dan nomor kontak narasumber yang ada dimasing-masing kegiatan, serta di sosmed UBB.

UBB Kreatif ini diharapkan dapat mendorong masyarakat terutama bagi mahasiswa dalam mengisi waktu luangnya untuk terus meningkatkan kreativitasnya, serta menjadi tetap inovatif dan produktif meski dalam kondisi harus melakukan aktivitas dari tempat tinggalnya. (*/BBR)


Laporan Diko Subadya

Sumber Rilis Humas UBB