Ayo MInum Susu Sapi Segar Di BBG

Admin
Ayo MInum Susu Sapi Segar Di BBG
Foto : (Ist/ Net)

PANGKALPINANG, BABEL REVIEW – Bangka Botanical Garden (BBG) memproduksi susu murni dari sapi perah yang dipelihara di lahan kritis tandus berpasir di bekas lokasi tambang timah. Dari peternakan sapi ini BBG mampu memproduksi  hingga lebih dari 400 liter susu sapi setiap harinya. BBG yang terletak dikawasan Ketapang, Kota Pangkalpinang ini mulai memproduksi susu sapi sejak tahun 2007.

Dari 312 Hektare lahan yang ada 22 hektare digunakan untuk hijauan pakan ternak yang juga tempat pembuatan kompos.. Proses pengolahan susu sapi di BBG tidak jauh berbeda dengan susu pada umumnya. Susu sapi yang dihasilkan dari proses pemerahan ini secara berkala diperiksa oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan serta dinas peternakan.

Jadi dapat dipastikan susu olahan BBG aman untuk dikonsumsi semua usia. Pemerahan susu oleh petugas BBG dilakukan dua kali dalam satu hari yakni pagi dan sore. Seekor sapi biasanya menghasilkan 10-15 liter susu per harinya. Hasil pemerahan sapi ini memang tidak seproduktif sapi yang diternak di daerah dingin yang mampu menghasilkan 18 – 22 liter susu per hari.

Susu yang dihasilkan dari perahan sapi kemudian dibawa ke ruangan pengolahan. Disini susu kemudian mengalami  proses pasteurisasi atau dipanaskan pada suhu 75 derajat kemudian dikemas dalam plastik untuk susu murni. Untuk menghasilkan berbagai varian rasa, susu kemudian ditambahkan perisa. 

Susu yang sudah dipasteurisasi akan tahan 8-10 jam tanpa disimpan di lemari pendingin. Setelah dipasteurisasi susu siap dikonsumsi, tapi untuk olahan yogurt dan susu rasa yang menggunakan pasta buahmaka harus terlebih dahulu didinginkan selama dua jam. Apabila disimpan secara baik di dalam lemari pendingan susu murni produk BBG dapat tahun salama seminggu.

Susu Sapi BBG telah dipasarkan di beberapa wilayah seperti Koba, Pangkalpinang dan Sungailiat. Peminat susu sapi BBG didominasi oleh masyarakat tionghoa. Tapi banyak juga saat ini masyarakat yang gemar mengkonsumsi susu karena kandungan protein dan kalsiumnya yang tinggi untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak-anak. (BBR)

Kebutuhan Kalsium Tergantung Usia

Dalam susu terdapat banyak kandungan vitamin dan berbagai macam asam amino tang baik bagi kesehatan tubuh.  Di dalam susu sapi terkandung vitamin B2 dan A, protein, kalsium, potasium, magnesium dan zat besi. Kebutuhan susu setiap manusia berbeda tergantung rentang usia. Kebutuhan susu untuk anak usia 0-3 tahun 1000-1200 mg atau sekitar 1-3 gelas per hari, hal ini kaitannya erat dengan pembentukan tulang yang berhubungan dengan kasium yang dimiliki oleh susu.

Sedangkan untuk usia 3-5 tahun susu memiliki peran yang sama yakni untuk pemaksimalan pembentukan tulang. Namun pada usia ini untuk memenuhi kalsium dalam tubuh tidak hanya didapatkan dari susu saja melainkan varian makanan lainnya yang mengandung kalsium.

Sedangkan untuk remaja usia 12-18 tahun kebutuhan susu semakin berkurang karena kalsium bisa didapatkan dari sumber makanan lainnya. Kelompok usia ini sudah mengenal dan mengkonsumsi varian makanan sehingga kebutuhan kalsium bisa terpenuhi.

Dari usia 18-50 kebutuhan akan susu kembali meningkat yakni untuk kebutuhan posfor  dan kalsium, pada usia produktif ini terjadi densitas (kepadatan tulang yang menurun) yang harus disuplai dengan susu meskipun mengkonsumsi makanan lain yang memiliki kandungan serupa dengan susu.

Ia menyebutkan kandungan kalsium di dalam susu bisa digantikan dengan mengkonsumsi ikan teri. Ikan teri memiliki kandungan kalsium. Kebutuhan kalsium sangat dibutuhkan apalagi bagi wanita yang akan mengalami fase manoupose sehingga cadangan kalsium dilakukan sejak usia produktif. (BBR)



Penulis :Pram
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview