Babel Berencana Tetap Laksanakan Sholat Idul Fitri, GTPPC-19 Akan Berkoordinasi dengan Pusat

diko subadya
Babel Berencana Tetap Laksanakan Sholat Idul Fitri, GTPPC-19 Akan Berkoordinasi dengan Pusat
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman (Babelreview/Diko)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Terkait dengan perayaan Idul Fitri, Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung (Babel) rencananya akan mengizinkan masyarakat Babel untuk melaksanakan sholat id. Hal ini berdasarkan hasil rapat yang sudah dilaksanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Babel beserta organisasi masyarakat (Ormas) Islam dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bangka Belitung terkait pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 H. 

Namun pelaksanaannya dilaksanakan di Lapangan dengan tetap menerapkan protokol Covid-19.

" rencananya pelaksanaan Sholat Id akan tetap dilaksanakan dilapangan, tapi dengan tetap mengikuti ketentuan protokol Covid-19 diantaranya menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak dengan mengatur saf sedemikian mungkin," katanya kepada awak media usai melepas Pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh, Senin (18/5).

Dalam pelaksanaannya juga, Ia meminta Sholat Id ditengah pandemi ini dapat dilaksanakan dengan waktu yang singkat saja.

" dimulai dari Pukul 07.00 sekira Pukul 07.30 harus sudah selesai. Mulai dari Iqamah untuk melaksanakan sholat hingga selesai khutbah cukup setengah jam saja, baca surat yang pendek dan khutbah singkat saja," ujarnya.

" tidak boleh membawa anak-anak usia dibawah 12 tahun karna rentan dan susah untuk diawasi, karena kita tidak tau siapa orang yang terpapar Covid-19," ungkapnya.

Kemudian, Ia berpesan Kepada para pejabat, pengusaha dan tokoh masyarakat untuk tidak melakukan Open House, namun untuk silaturahmi dengan keluarga boleh tapi tetap dengan protokol Covid-19.

" kalau silaturahmi boleh tapi jaga jarak dan tidak ada acara nganggung selesai sholat Id. kebijakan ini diambil atas pertimbangan berdasarkan evaluasi saat rapat yang telah dilaksanakan dengan satgas gugus tugas dan Forkopimda.

" kami harap peran serta masyarakat, untuk dapat mengikuti protokol Covid-19 dan dijalankan dengan penuh kedisiplinan," harapnya.

Sementara terkait wacana tersebut, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangka Belitung (GTPPC-19 Babel) akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan GTPPC-19 Pusat berkenaan dengan teknis pelaksanaannya.

"Betul sudah ada pernyataan dari Bapak Gubernur bahwa pelaksanaan harus di lapangan terbuka dan menjalankan Protokol Kesehatan Covid-19. Namun Gugus Tugas Provinsi akan koordinasikan lagi dengan Gugus Tugas Pusat, bagaimana teknisnya," kata Ketua Sekretatiat GTPPC-19 Babel, Mikron Antariksa,

Menurutnya, pernyataan Gubernur tersebut belum menjadi keputusan final, karena GTPPC Babel masih akan melakukan evaluasi terkait situasi dan kondisi serta perkembangan di lapangan. 

"Intinya, hasil kesepakatan dari pertemuan tadi itu akan kami sampaikan ke pusat, selanjutnya bagaimana, nanti hasilnya pusat yang tentukan," pungkasnya. (BBR)


Laporan Diko Subadya