Babel Punya 14 Wisata Bukit, Sudahkah Kamu ke Sana?

Ahada
Babel Punya 14 Wisata Bukit, Sudahkah Kamu ke Sana?
Kini banyak warga mendatangi lokasi Bukit Pinteir untuk berwisata naik bukit tersebut. (fierly/babelreview)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID --- Wisata Bukit bisa jadi salah satu alternatif Daya Tarik Wisata (DTW) di Bangka Belitung.

Jika selama ini pantai masih dianggap menjadi magnet utama menarik wisatawan, nampaknya Pemerintah Provinsi Babel bisa juga menyulap bukit-bukit di Babel jadi Destinasi Wisata.

Ini bisa jadi salah satu upaya penyegaran destinasi wisata yang perlu dilakukan, karena ini bisa jadi terobosan dalam pengembangan wisata bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Wisata bukit ini memang sedang jadi trend center bagi para traveller. Sehingga destinasi baru ini bisa jadi arah pengembangan wisata Babel kedepan selain pantai.

Berdasarkan data yang dihimpun Babelreview.co id, tercatat sebanyak 14 Bukit di Babel yang sudah terdata di Dinas Pariwisata Babel sebagai Daya Tarik Wisata (DTW).

"Sudah ada beberapa bukit di Babel yang sudah terdata. Tapi masih ada bukit-bukit yang kini sering didatangi wisatawan, tapi  belum terdaftar. Bukit Pinteir salahsatunya," kata Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Babel, Firmansyah.

Ia melanjutkan, jumlah DTW yang terdata secara keseluruhan di Babel kurang lebih 462 DTW. Angka itu dapat terus bertambah melihat munculnya potensi-potensi DTW baru yang dalam waktu dekat akan dilakukan pendataan oleh pihaknya.

"Sebenarnya banyak potensi DTW baru yang ada, karena itu minggu-minggu ini tim akan mulai mendata potensi yang dimiliki sebesar apa. Bagaimana sarana dan prasarana, kesiapan, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Ekrafnya. Perlu diperhatikan juga bahwa jika kawasan tersebut memiliki potensi bagus harus terdata dulu di kabupaten, karena banyak DTW yang berpotensi tapi pemerintah daerah nya malah tidak tau," pungkasnya.(BBR)

Daftar Daya Tarik Wisata (DTW) Wisata Alam (Bukit) di Provinsi Babel

1.  Bukit Kukus, Muntok, Bangka Barat 
2.  Gunung/ Bukit Maras, Riau Silip, Bangka.
3.  Bukit Betung (Bukit Fahin San) , Sungailiat, Bangka.
4. Bukit Kejora, Pangkalan Baru, Bangka Tengah.
5. Bukit Mangkol, Simpang Katis, Bangka Tengah.
6. Bukit Muntai, Simpang Rimba, Bangka Selatan.
7. Bukit Nenek, Simpang Rimba , Bangka Selatan
8. Bukit Gebang, Air Gegas, Bangka Selatan
9. Gunung Tajam, Tanjung Pandan, Belitung.
10. Bukit Peramun, Sijuk, Belitung.
11. Bukit Batu Baginde, Membalong, Belitung.
12. Bukit Batu, Damar, Belitung Timur.
13. Bukit Malang Lepau, Damar, Belitung Timur.
14. Bukit Samak/Gubok Berangsai, Manggar, Belitung Timur. (BBR)
 
Laporan: Diko S