Bandara Depati Amir Gunakan Listrik Prioritas Guna Maksimalkan Pelayanan

kasmirudin
Bandara Depati Amir Gunakan Listrik Prioritas Guna Maksimalkan Pelayanan
PLN menyuplai kebutuhan listrik untuk Bandara Depati Amir Bangka. (Foto:Irwan)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW -- Bandara merupakan kawasan vital yang memerlukan pasokan listrik yang baik dan stabil. Oleh sebab itu, PT (Persero) Angkasa Pura II selaku pengelola bandara memilih layanan listrik prioritas dengan tarif premium silver demi mendukung kelancaran operasional dalam melayani penumpang.
Bandara Depati Amir gunakan layanan Prioritas daya 2.770.000 volt ampere (VA).

Hal ini ditandai dengan penyalaan listrik perdana oleh manajer niaga dan pelayanan pelanggan PLN Wilayah Bangka Belitung, Rino Gumpar Hutasoit bersama dengan PLT EGM PT Angkasa Pura II M. Sihombing.

Manajer Bidang Teknik Angkasa Pura II Pangatur Sihombing mengungkapkan rasa puasnya atas layanan yang diberikan oleh PLN kini.

“Kami sangat puas dengan layanan PLN saat ini, layanan ini sangat mendukung keamanan, kenyamanan, kelancaran dan fasilitas operasional bandara Depati Amir yang kita banggakan sebagai pintu gerbang Provinsi Bangka Belitung,” aku Sihombing.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pentingnya listrik untuk fasilitas navigasi pesawat udara, gedung terminal bandara serta pelayanan jasa trasnportasi bandara.
“Listrik ini menjadi sangat penting bagi kami, semoga dengan layanan prioritas ini suplai listrik ke Bandara Depati Amir menjadi prioritas dengan kualitas yang baik, sehingga kontinuitas daya listrik tetap terjaga meskipun ada gangguan,” lanjutnya.

Melalui layanan priorias ini, Bandara Depati Amir disuplai dengan dua penyulang sekaligus. Apabila suplai listrik di salah satu penyulang mengalami gangguan, akan ada penyulang lain yang mem-backup, sehingga listrik tidak padam.
Selain itu, dalam hal terpaksa terjadi pemadaman karena kondisi tertentu, maka bandara Depati Amir akan mendapat urutan padam paling terakhir. Sebaliknya, ketika akan penyalaan maka mendapat prioritas dinyalakan pertama kali.

Sementara itu, Manajer Niaga dan Pelayanan Pelanggan, Rino Gumpar Hutasoit mengungkapkan kesiapan PLN melayani kebutuhan investor yang ingin menjalankan usaha di Bangka Belitung.

“Kami sangat siap menyambut kedatangan para investor untuk berinvestasi di Bangka Belitung, kami akan layani berbagai kebutuhan pelanggan, seperti layanan prioritas bandara Depati Amir ini yang memerlukan layanan khusus akan kebutuhan listriknya,” katanya.

Layanan prioritas merupakan salah satu produk unggulan PLN yang saat ini banyak digemari oleh masyarakat. Tercatat, sebanyak 120 pelanggan sudah menggunakan produk ini. Bagaimana tidak, pelanggan tidak perlu lagi berinvestasi membangun jaringan distribusi karena itu semua akan menjadi tanggung jawab PLN. Dalam hal ini, pelanggan mendapat prioritas percepatan pembangunan jaringan tegangan menengah (JTM) dengan waktu pekerjaan hanya empat hari kerja sejak pembayaran biaya penyambungan (BP).

Lebih dari itu, dengan memilih layanan prioritas ini, pelanggan mendapatkan fasilitas pengukuran menggunakan automatic meter reading (AMR) sehingga tidak perlu didatangi petugas hanya untuk baca meter. Fasilitas yang tak kalah menarik adalah layanan e-billing dan konsultasi kelistrikan gratis dengan menghubungi langsung account executive maupun manajemen PLN yang on call 24 jam dengan prioritas pemberian respon dalam penanganan gangguan.

Menariknya, apabila PLN tidak dapat mmenuhi 110 persen deklarasi tingkat mutu pelayanan (TMP, maka bagi pelanggan prioritas akan mendapat diskon sebesar maksimum 35 persen dari tagihan rekening minimum. (BBR)


Penulis :Irwan
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview