Bangka Tengah Bisa Jadi Sentra Bawang Merah

Admin
Bangka Tengah Bisa Jadi Sentra Bawang Merah
Foto:Andre

NAMANG, BABEL REVIEW -- Bawang merah merupakan komoditas yang sangat strategis di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain permintaan yang cukup tinggi untuk komoditas ini, sebagian besar bawang merah masih didatangkan dari luar daerah. Sehingga  berdampak terhadap fluktuasi harga yang cukup tinggi.

Bawang merah juga salah satu komoditas penyumbang terhadap inflasi sebagaimana komoditas cabai. Untuk mengatasi permasalahan tersebut upaya yang dilakukan adalah melalui perluasan areal tanam dan peningkatan produktivitas bawang merah.

Produktivitas bawang merah di Provinsi Bangka Belitung saat ini 3,8 ton/ha, masih jauh dibandingkan dengan rata-rata produktivitas nasional yang saat ini mencapai 10,06 ton/ha. Salah satu wilayah yang memiliki potensi pengembangan bawang merah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah Kabupaten Bangka Tengah. 

Hasil panen yang dilaksanakan Kelompok  Tani Desa Cambai Selatan, dengan menggunakan varietas Bima Brebes yang ditanam pada lahan kering mencapai 11 ton/ha bobot umbi basah. Pada acara panen yang turut dihadiri oleh Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, Kepala Dinas Pertanian Provinsi, Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Camat Namang dan Plt Kades Cambai Selatan.

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, sangat mengapresiasi inisiasi pengembangan bawang merah di Bangka Tengah, dan bertekad menjadikan Bangka Tengah sebagai sentra produksi bawang merah di bangka Belitung.

Pemerintah daerah siap mendukung upaya ini dengan berbagai pihak termasuk Pemerintah Provinsi Bangka Belitung. Paling tidak kedepannya Bangka Tengah dapat mensuplai kebutuhan bawang merah untuk kebutuhan di Bangka Belitung. “Masyarakat harus merubah pola kerja yang awalnya berbasis tambang, namun diganti dengan bertani, “ jelas Ibnu.

Dikatakannya, bertani tanaman holtikultura ini bukan hanya untuk petani tua saja, namun pemuda  juga wajib mencoba bertani. Kelompok tani sudah membuktikannya dan semoga menjadi penyemangat bagi para pemuda. “Saya harap Bangka Tengah khususnya Desa Cambai Selatan, dapat menjadi sentral bawang merah setelah melihat potensi bawang merah di desa ini, “ harapnya. (BBR)


Penulis : Andre
Editor   : Sanjay
Sumber :Babelreview