Bangka Tengah kembangkan potensi desa wisata berbasis digitalisasi

Admin
Bangka Tengah kembangkan potensi desa wisata berbasis digitalisasi

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID- Dalam upaya mendorong kemajuan perkembangan Desa Wisata, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bateng (Dinbudparpora) menggelar sosialisasi Digitalisasi Branding dan Pemasaran Desa Wisata. Senin (22/11/2021) bertempat di Grand Vella Hotel.


"Desa wisata merupakan program unggulan di sektor kepariwisataan, ini terus kita kembangkan dan dipromosikan secara digitalisasi sehingga lebih cepat dikenal masyarakat luar," ujar Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Bangka Tengah, Pittor.


Pittor mengungkapkan, konsep desa wisata lebih berfokus kepada pemberdayaan masyarakat sadar wisata dan memiliki kepedulian serta kesadaran untuk berperan bersama dengan menyesuaikan keterampilan individual berbeda.


"Perkembangan pariwisata berbasis digital dan pemberdayaan masyarakat sudah tergolong progresif seiring bertumbuh dan berkembangnya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Komunitas Pengelola Wisata di Bangka Tengah," ujarnya.


Ia menjelaska, Pemkab Bareng akan terus berkomitmen untuk terus mendukung pengelolaan destinasi wisata berbasis digitalisasi.


"Sektor kepariwisataan juga diharapkan tidak hanya mampu memberikan kontribusi bagi daerah, tetapi juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.


Sementara Kasi Sarana dan Prasarana Bidang Pariwisata Dinbudparpora, Hartono mengatakan, desa wisata berbasis digitalisasi bagian penting dalam pengembangan pemasaran desa wisata.


"Desawa wisata berbasi digitalisasi terus kita sosialisasikan untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi pengelolaan daya tarik wisata dengan memanfaatkan teknologi informasi," ujarnya.