Bangka Tengah Siap Gelar Porprov 2018

Admin
Bangka Tengah Siap Gelar Porprov 2018
Napoh Maskot Porprov 2018 Pelanduk Napoh atau bahasa latinnya Tragulus Napu Foto:(Ist/Disbudparpora Bateng)

Bangka Tengah,BABELREVIEW—Pemerintah Kabupaten BangkaTengah  siap menggelar perhelatan akbar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2018 yang akan berlangsung November mendatang. Pada Porprov V tahun ini Bangka Tengah berkesempatan bertindak sebagai tuan rumah setelah sebelumnya pada tahun 2014 Kabupaten Belitung Timur ditunjuk sebagai penyelenggara.

“Porprov 2018 akan mempertandingkan 23 cabang olahraga dengan rincian  sebanyak 17 cabang olahraga dilaksanakan di Koba serta sementara sisanya 6 cabang olahraga akan dilaksanakan di Pangkalan Baru,” ujar Zainal, Kepala Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Tengah. Dari 23 cabang olahraga tersebut terdapat 262 nomor yang dilombakan dan sebanyak 491 peserta dari kabupaten/kota se Bangka Belitung akan memperebutkan 925 medali.

 “Adapun penginapan untuk para atlet dan oļ¬ƒcial nantinya akan ditempatkan di beberapa sekolah yang ada di dekat venue pertandingan,” kata Zainal. Sementara itu, terkait dengan venue pertandingan juga sedang dikebut pengerjaannya dan ditargetkan sudah selesai sebelum November.

“Matangnya persiapan yang dilakukan membuat Pemkab Bateng optimis dapat menyukseskan Porprov yang akan berlangsung 514 November 2018 mendatang,” tandas Zainal. Napoh Maskot Porprov 2018 Pelanduk Napoh atau bahasa latinnya Tragulus Napu resmi ditetapkan menjadi maskot pada pagelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bangka Tengah November mendatang.

Hewan yang hampir sama dengan pelanduk kancil atau pelanduk Jawa ini pun digambarkan sebagai hewan yang lucu dengan raut wajah tersenyum serta mata yang bersinar Napoh mengenakan baju adat berwarna ungu, dengan kancing baju berjumlah 5, yang menandakan Porprov V, serta memakai kopiah resam. Medali emas dikalungkan di leher hewan yang menyerupai rusa kecil tapi tak bertanduk ini.

Medali ini sebagai simbol  penghargaan tertinggi yang akan diperebutkan oleh para atlet. Ekspresi ceria, bersahabat dan optimis tergambar jelas dalam ekspresi wajah Napoh. Tujuh mata api yang terdapat di obor bertuliskan Porprov V yang dibawa Napoh mewakili jumlah peserta dari tujuh wilayah kabupaten/kota di Bangka Belitung. (BBR)


Penulis :Andre
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview