Bangkitkan Perekonomian, Bupati Bangka Serahkan Bantuan Sarana Prasarana untuk UMKM

Irwan
Bangkitkan Perekonomian, Bupati Bangka Serahkan Bantuan Sarana Prasarana untuk UMKM
Bupati Bangka Mulkan

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Guna mendorong laju pertumbuhan ekonomi di tingkat pelaku usaha menengah ke bawah, Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Satu Pintu, Koperasi dan UMKM (PMP2KUKM) memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana bagi UMKM se-Kabupaten Bangka.

Bupati Bangka Mulkan mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan karena mendapatkan dana DID tambahan dari pemerintah pusat sebesar Rp 11 milyar lebih yang dapat dipergunakan untuk pertumbuhan pemulihan ekonomi bagi masyarakat.

"Karena sudah dipandang clean dan clear maka hari ini dilakukan pembagian saran dan prasarana tersebut, baik itu persyaratan dari pelaku usahanya maupun peralatan yang disediakan oleh Dinas PMP2KUKM. Inilah merupakan salah satu langkah pemerintah pusat dan daerah dalam rangka melakukan pemulihan ekonomi masyarakat," tuturnya, Senin (11/1/2021).

Menurutnya, setelah berjalan kurang lebih 11 bulan mewabahnya virus Corona masyarakat sangat mengalami kesusahan dalam segi ekonomi.

Terutama 3 bulan pertama dari bulan Maret sampai Mei 2020 diterapkan aturan sangat ketat yang diberlakukan oleh pemerintah pusat dalam pembatasan aktivitas.

Pasalnya hal itu memberikan dampak negatif bagi usaha dan pendapatan masyarakat.

Menurutnya dengan kegiatan pembagian sarana dan prasarana itu dapat membangkitkan kembali agar masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 bisa bangkit kembali dalam membangun usahanya.

"Ini merupakan program tahunan dari pemerintah pusat, dan ini akan berlanjut agar masyarakat tetap bisa sejahtera dengan tetap mendapatkan usahanya kembali. Selain itu kami juga sudah berusaha pergi ke Lampung untuk menarik investor datang ke Kabupaten Bangka, agar nantinya bisa berdampak positif bagi perekonomian di sini," terangnya.

Selanjutnya ia menambahkan bahwa pemerintah daerah telah melakukan kerjasama dengan Bank Sumsel Babel untuk memberikan pinjaman bagi pengusaha Gapoktan tanpa dikenakan bunga.

"Jadi dalam hal ini, kita dari pemerintah daerah akan memberikan subsidi. Agar Bank dapat mencairkan dana induknya, tapi bunga akan ditanggung oleh pemerintah daerah dan hal ini semata-mata dilakukan untuk mendukung agar pertumbuhan ekonomi di masyarakat dapat tumbuh dengan baik kembali," tandasnya. (BBR)

Laporan: Ibnu

Editor: Irwan