Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19, PT Timah Belanja Sembako di BumDes

diko subadya
Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19, PT Timah Belanja Sembako di BumDes
PT. Timah kembali berikan bantua berupa Sembako kepada masyarakat Bangka Belitung terdampak Covid-19 dengan melibatkan Badan Usaha Milik Desa (BumDes), Selasa (12/5) (Foto Humas PT timah)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID --- PT Timah Tbk melibatkan Badan Usaha Milik Desa (BumDes) dan pedagang toko kelontong di masing-masing wilayah operasional untuk mensuplai bahan pokok dalam paket sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat terdampak covid-19. 

Untuk bahan pokok beras, sebelumnya PT Timah Tbk telah membeli puluhan ton beras langsung dari petani di Rias, Bangka Selatan. Sedangkan bahan pokok lainnya seperti gula, minyak goreng, indomie dibeli dari BUMNDes dan toko kelontong di sekitar wilayah pembagian. 

Hal ini sebagai upaya PT Timah Tbk untuk membantu menggerakkan ekonomi masyarakat ditengah pandemi covid-19. Diakui pandemi ini memberikan dampak ekonomi yang luar biasa bagi masyarakat hingga berujung pada perlambatan pertumbuhan ekonomi. 

Pengurus BumDes Desa Delas, Jumadi mengatakan melalui program pembelian sembako di BumDes tidak hanya membantu masyarakat Desa Delas yang kurang mampu, melainkan juga membantu masyarakat. Pasalnya, keuntungan yang diperoleh Bumdes akan dijadikan pendapatan desa yang nantinya akan digunakan untuk kepentingan masyarakat. 

"Terimakasih pada PT Timah sudah belanja disini sudah membantu ekonomi masyarakat desa Delas dengan belanja disini sudah bantu masyarakat, bukan hanya bantu pemdes atau Bumdes tapi seluruh masyarakat, karena keuntungan Bumdes ini akan disetor dalam bentuk PAD desa," katanya. 

Diakuinya dengan kondisi saat ini, daya beli masyarakat mulai menurun. Sehingga memang diperlukan stimulus untuk menggerakkan ekonomi masyarakat.  

Kepala Desa Delas, Sukarto turut menyampaikan apresiasinya bagi PT Timah. Namun, ia berharap bantuan terus berlanjut hingga pandemi ini dinyatakan usai. Banyak masyarakat yang terdampak akibat dari pandem ini. 

"Kami perangkat desa mengucapkan terimakasih atas bantuan. Semoga apa yang diberikan kepada masyarakat bermanfaat khususnya yang kurang mampu. Kami bukan membandingkan nilai tapi bentuk partisipasi dan kehadiran PT Timah menangani covid- 19, bagi warga kami," katanya. 

Selain itu, PT Timah juga berbelanja di beberapa BumDes lainnya seperti di Desa Mapur. 

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan, PT Timah komitmen membantu penanganan covid-19 salah satunya juga menggerakkan ekonomi masyarakat. 

"Kita berupaya membantu sekaligus menggerakkan ekonomi masyarakat. Kita coba mengungkit dua sisinya. Ditengah pandemi ini kita harus saling bersinergi untuk menghadapi ini," katanya.(*/BBR)


Laporan Diko Subadya

Sumber Rilis PT. Timah