Baru Sehari Dinobatkan, Bunda Germas Kunjungi Bangka Selatan

Irwan
Baru Sehari Dinobatkan, Bunda Germas Kunjungi Bangka Selatan

 

BANGKA SELATAN, BABELREVIEW.CO.ID -- Baru sehari dinobatkan sebagai Bunda Germas, Melati Erzaldi langsung melakukan aksi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan memberikan edukasi dan sosialisasi dalam Kegiatan Penggerakan Germas Berkala Berkesinambungan di Semua Tatanan Tahun 2021 Selasa (12/10/2021).

Bertempat di Hotel Marina, Melati Erzaldi memberikan materi kepada masyarakat Bangka Selatan dengan mengangkat tema 'Pengenalan Membangun Daerah dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat'. 

"Sebagai langkah awal membumikan masyarakat sehat, mulailah dari diri sendiri. Jadilah contoh berperilaku hidup sehat dan tularkan kepada anggota keluarga serta orang-orang disekitar kita," ujar Bunda Germas saat mengawali paparannya. 

Hal ini dikatakannya sesuai dengan tagline Germas yakni 'Sehat mulai dari saya". Kesehatan pada dasarnya adalah faktor dan modal utama untuk membangun bangsa. Individu dengan derajat kesehatan yang tinggi akan menjadi manusia yang produktif dan berkontribusi bagi pembangunan bangsa," tambahnya. 

Dihadapan peserta, Bunda Germas menuturkan bahwa selain memiliki fungsi sebagai tokoh sentral di dalam keluarga, kata 'Bunda' merupakan akronim dari 'Membangun Daerah' melalui Germas yang diinisiasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

"Tanggung jawab membangun daerah menjadi bagian dari setiap orang, oleh karena itu pemerintah meminta semua komponen untuk menjadi duta Germas dimanapun berada. Jadi, sangat tepat bila PKK menjadi salah satu wadah yang melakukan pembinaan dari lini terkecil yakni keluarga untuk membudayakan Germas dan PHBS," ujarnya. 

Sosialisasi dan edukasi Germas terhadap masyarakat menurut Istri orang nomor satu di Babel ini, harus dilakukan secara masif mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

"Kata 'Germas' sudah lama digaungkan tapi seolah hanya dijadikan tagline saja. Kenapa? Karena masih banyak kita temui masyarakat yang belum paham bagaimana pentingnya hidup sehat. Padahal itu menjadi tameng yang berdampak pada terjaganya kesehatan, meningkatnya produktivitas, biaya berobat berkurang, dan terciptanya lingkungan yang bersih," ungkapnya.

  • Halaman
  • 1
  • 2