Bateng Sasar Pengembangan Gaharu

Admin
Bateng Sasar Pengembangan Gaharu
foto:ilustrasi/net

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah berkomitmen untuk mendukung para petani dalam mengembangkan tanaman gaharu. Pohon gaharu dinilai memiliki nilai ekonomis tinggi karena harganya yang cukup menggiurkan. "Saya November 2018 kemarin ikut pameran di Jeddah. Disana harga gaharu sangat tinggi. Saya pikir ini sangat potensial untuk dikembangkan,” kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh.

Menurut Ibnu Saleh, saat ini pemerintah sedang mengusahakan untuk membantu pengembangan usaha gaharu di wilayah Bangka Tengah, baik dari segi anggaran, peralatan petani maupun pemasarannya. "Saat ini kan penjualan masih melalui broker.

Maka itu kita upayakan penjualan dengan buyer langsung agar gaharu kita terjual dengan harga tinggi. Untuk itu, apa yang dibutuhkan petani silahkan beritahu saya, karena saya ingin membantu petani untuk memajukan gaharu di Bangka Tengah,” tandas Ibnu Saleh pada pertemuan dengan para petani gaharu Bangka Tengah, Selasa (12/2).

Bupati menyampaikan, alasan pertemuan yang ia gelar bersama para petani gaharu di Kabupaten Bangka Tengah adalah untuk berdialog secara langsung dengan para petani guna mengetahui kendala yang dihadapi petani di  lapangan. Dalam kesempatan tersebut Bupati mengajak para petani untuk ikut pameran di Jeddah bulan november 2019 mendatang.

Untuk itu ia meminta para petani untuk mempersiapkan produk gaharu dan souvenir khas Bangka Tengah. "Nanti saya ajak petani untuk membawa produknya ke Jeddah. Kita pamerkan produk kita dengan ikut pameran disana, kalau bisa sekalian pergi umroh dari hasil keuntungan penjualan gaharu,” ujar Bupati.

Sementara itu, perwakilan petani gaharu Eko mengatakan, saat ini ia mengurus kebun gaharu 6000 batang di Kayu Besi dengan usia tanaman sudah mencapai lima tahun. Dengan menghadiri pertemuan ini ia berharap dapat mengatahui program dan kebijakan Pemerintah Bangka Tengah untuk memajukan gaharu. "Saya kurang paham tentang gaharu maka dari itu saya sebagai petani berharap dapat bekerja sama dengan dinas terkait untuk memberi tahu kami tentang informasi bibit dan metode pengembangannya,” harap Eko. (BBR)


Penulis  : Faisal                                     
Editor    : Sanjay
Sumber  :Babel Review