Bawa Lempengan Timah, Warga Pangkalpinang Diringkus Polsek Muntok

kasmirudin
Bawa Lempengan Timah, Warga Pangkalpinang Diringkus Polsek Muntok
Ki (31) diringkus jajaran Polsek Muntok, Bangka Barat, lantaran membawa lempengan dan pasir timah tanpa izin (Foto:Buditio)

MUNTOK, BABELREVIEW -- Ki  (31) diringkus jajaran Polsek Muntok, Bangka Barat. Warga Jalan Depati hamzah RT/RW 02/01 Kelurahan Air Itam Kota Pangkalpinang ini, diringkus lantaran membawa lempengan dan pasir yang mengandung Timah, pada Selasa (28/8/2018) sekira pukul 20.00 WIB di Jalan Raya Muntok-Pangkalpinang Pal 1 Kelurahan Sungai Daeng Kecamatan Muntok, Bangka Barat.

Penangkapan terhadap pelaku berawal pada saat anggota Polsek Muntok mendapat informasi dari masyarakat, adanya kegiatan jual beli lempengan logam dan pasir timah.

Menerima laporan tersebut, anggota Polsek Muntok yang dipimpin Kapolsek Muntok melakukan pengejaran terhadap mobil Suzuki Pick Up warna putih BN 8254 TO yang dikendarai oleh pelaku. Kemudian  pelaku dan barang bukti diamankan di Mapolsek Muntok, guna penyelidikan lebih lanjut.

Kapolsek Muntok Iptu Christo, N.Y.T. Nender, S.I.K.seizin Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto, S.H, S.IK, M,Si menjelaskan, petugas mengamankan barang bukti satu unit mobil Suzuki Carry pick up warna putih BN 8254 TO, 7  karung yang berisi lempeng timah kotor, satu karung yang berisi lempeng timah bersih, 4  karung yang berisi pasir timah kotor. Total berat lempengan logam dan pasir timah sekira 300 Kg

Kapolsek menambahkan, diduga logam lempengan dan pasir timah tersebut didapat dari pengolahan sisa lebur pabrik Unit Metalurgi Muntok. Untuk saat ini pelaku dan barang bukti diamankan di Mapolsek Muntok guna proses penyelidikan dan penyidikan

" Tersangka melakukan pengangkutan mineral timah tanpa izin. Sesuai dengan Pasal 161 Undang-Undang RI No. 04 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batu Bara,'' ujar kapolsek, Selasa (4/9/2018). (BBR)

 


Penulis :  Buditio
Editor   :  Kasmir
Sumber  :Babelreview