Bawaslu Babel Gelar Raker Peningkatan Kapasitas Perencanaan dan Anggaran

kasmirudin
Bawaslu Babel Gelar Raker Peningkatan Kapasitas Perencanaan dan Anggaran
Dewi Rusmala, Anggota Bawaslu Babel saat memberikan arahan pada saat pembukaan acara rapat kerja Bawaslu di Hotel Tanjung Pesona, Sungailiat, Rabu (21/8/2019). (Foto: Lala)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Tahapan penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019 sebentar lagi akan memasuki babak akhir, yaitu tahapan pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Presiden dan Wakil Presiden. Namun tugas lembaga pengawas pemilu khususnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangka Belitung belum berakhir, terutama dari sisi penyerapan anggaran. Sampai dengan saat ini realisasi anggaran Bawaslu Babel baru mencapai 62 persen.

Oleh karena itu Bawaslu Babel melaksanakan Rapat Kerja Dalam Rangka Penguatan dan Peningkatan Kapasitas Perencanaan dan Anggaran TA 2019 Lingkup Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada tanggal 21 - 23 Agustus 2019 bertempat di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Kabupaten Bangka. Peserta kegiatan berjumlah 50 orang terdiri dari ketua, koordinator sekretariat, bendahara, staf sekretariat Bawaslu kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan peserta Bawaslu Babel.

Sebagaimana disampaikan Siti Jamilah, (Kasubbag Administrasi) selaku ketua pelaksana, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi anggaran Bawaslu kabupaten/kota dalam kegiatan strategis Tahun Anggaran 2019 serta meningkatkan kapasitas perencanaan dan anggaran pada Bawaslu Provinsi dan Bawaslu kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Anggota Bawaslu Babel, Dewi Rusmala pada pembukaan acara menyampaikan bahwa dalam upaya peningkatan realisasi anggaran, harus memperhatikan petunjuk teknis dan pedoman ataupun ketentuan yang berlaku.

“Kita harus memperhatikan petunjuk teknis, sehingga pengelolaan keuangan Bawaslu dapat dipertanggungjawabkan dengan transparan dan akuntabel,” tukasnya, Rabu (21/8/2019) sore.

Sebagai bentuk penguatan dan koordinasi, Bawaslu Babel menghadirkan narasumber dari Bawaslu RI yaitu Sekretaris Jenderal dan bagian perencanaan pada acara ini. (BBR)


Penulis  : Lala
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review