Bawaslu Babel Serius Terapkan Reformasi Birokrasi

Ahada
Bawaslu Babel Serius Terapkan Reformasi Birokrasi
Pelaksanaan sosialisasi reformasi birokrasi oleh Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (4/8/2020). (Lala)

KOBA, BABELREVIEW.CO.ID -- Dalam rangka persiapan penilaian implementasi reformasi birokrasi pada lembaga pengawas pemilu di tingkat kabupaten/kota, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melaksanakan sosialisasi reformasi birokrasi pada Bawaslu kabupaten/kota.

Agenda ini telah dilakukan secara bertahap pada Bawaslu Kabupaten Bangka Barat dan Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan, dan hari ini dilakukan pada Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (4/8/2020).

Roy M Siagian, Kepala Sekretariat Bawaslu Babel mengatakan untuk tahun 2020, Babel menjadi bagian dari tiga provinsi selain Provinsi DKI Jakarta dan Sumatera Selatan yang menjadi sampel penilaian implementasi reformasi birokrasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atas rekomendasi dari Bawaslu RI".

Ada delapan fokus area perubahan reformasi birokrasi yang harus segera ditindaklanjuti oleh setiap lembaga pemerintah yang meliputi manajemen perubahan, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas, penataan sistem manajemen SDM, tata laksana, penataan dan penguatan organisasi, peraturan perundangan, dan pelayanan publik.

“Untuk mendukung implementasi reformasi birokrasi dan meningkatkan integritas serta kepercayaan publik terhadap lembaga pengawas pemilu, dalam waktu dekat Bawaslu Babel akan membentuk satgas gratifikasi," ujarnya.

Sementara Rogrius Sinulingga, Kasubbag SDM dan Organisasi Bawaslu Babel menambahkan, hal yang sangat penting untuk menjadi perhatian bahwa dalam memberikan dukungan implementasi reformasi birokrasi tidak hanya menjadi tugas staf bagian SDM, tapi juga melibatkan seluruh bagian sekretariat. Sehingga dibutuhkan sinergitas untuk mewujudkannya.

“Bersamaan dengan sosialiasi reformasi birokrasi, sekaligus pula dilakukan monitor dan evaluasi penataan dan pengelolaan kearsipan, guna meningkatkan tertib administrasi di lingkungan sekretariat pengawas pemilu,” tutupnya. (BBR)
Laporan: Lala