Bawaslu Babel Tertibkan 17.069 Alat Peraga Kampanye

kasmirudin
Bawaslu Babel Tertibkan 17.069 Alat Peraga Kampanye
Bawaslu Provinsi Bangka Belitung bersama jajarannya di tingkat kabupaten/kota, melakukan penertiban alat peraga kampanye.(foto:Lala)

BANGKA, BABELREVIEW -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama jajarannya di tingkat kabupaten/kota, kecamatan hingga desa/kelurahan yang melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2018 di Babel, telah melaksanakan patroli pengawasan pada masa tenang pada 24-26 Juni 2018.

Salah satu fokus patroli pengawasan selama masa tenang yang dilakukan oleh Pengawas Pemilu adalah penertiban Alat Peraga Kampanye (APK), Pasangan Calon yang masih terpasang.

Berdasarkan data yang sudah direkap oleh Bawaslu Babel, tercatat sebanyak 17.069 APK yang berhasil ditertibkan di hari pertama patroli pengawasan masa tenang, Senin (24/6/2018).

APK tersebut berupa poster, baliho, umbul-umbul, spanduk dan banner. Dengan rincian sebanyak 4.687 APK di wilayah Kota Pangkalpinang, 914 APK di wilayah Kabupaten Belitung dan 11.468 APK di wilayah Kabupaten Bangka.

Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Andi Budi Yulianto menyebutkan bahwa penertiban APK Paslon ini merupakan hasil koordinasi Panwaslu, KPU dan Pemda setempat.

Selain itu Andi juga mengatakan, sebelum penertiban dilakukan telah memberitahukan kepada Paslon untuk menurunkan APK masing-masing.

"Sebelum dilakukan penertiban Panwaslu beserta jajaran terlebih dahulu sudah berkoordinasi atau memberitahukan kepada Paslon masing-masing via LO, agar sebaiknya APK dan sejenisnya diturunkan oleh Paslon masing-masing," tukasnya, Selasa malam (26/6/2018).

Kordiv Pencegahan dan Hubal ini juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu proses penertiban APK.

"Secara keseluruhan apa yg telah dilakukan Panwas kabupaten/kota beserta jajarannya, Pemda setempat (Satpol PP) dan KPU dan pihak lain yg terlibat dalam penertiban sudah sangat sesuai seperti yg kita harapkan. Kami memberikan apresiasi itu," pungkasnya.(BBR)


Penulis : Lala
Editor   :Kasmir
Sumber :Babelreview