Bawaslu Bateng dan Dinas Terkait Bentuk Pokja Pencegahan Covid-19

Ahada
Bawaslu Bateng dan Dinas Terkait Bentuk Pokja Pencegahan Covid-19
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bateng melaksanakan Rapat Mitra Kerja dengan stakeholder, di Home Page Caffe pada Selasa (29/9/2020). (Ist)

BANGKATENGAH, BABELREVIEW.CO.ID  -- Dalam Rangka mensukseskan pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bateng melaksanakan Rapat Mitra Kerja dengan stakeholder, di Home Page Caffe pada Selasa (29/9/2020).

Kegiatan ini dalam rangka pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) Pencegahan Covid-19 pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bateng 2020.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Bawasu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Edi Irawan, Ketua Bawaslu Bateng Robianto serta anggota Muhamad Utoyo, Plt  Bupati Bateng Yulianto Satin, Kapolres Bateng AKBP. Slamet Ady Purnomo, Kejari Bangka Tengah Baharuddin, Ketua KPU Bateng Rusdi, Kasiter Korem 045/Gaya Letkol. Inf. Suhardi, Kabag. Ops Polres Bateng AKP Yudha Wicaksono, BPBD Bateng Sri Murtopo dan Mahdyudhi Saputra, SatPol PP Bateng Machyudi S dan Muji Santoso dan Sekretaris Tim Gugus Tugas Covid-19 Bateng Zaitun.

Ketua Bawaslu Bateng, Robianto mengatakan, pembentukan Pokja tersebut menindaklanjuti Surat Bawaslu RI Nomor: 0561/K.Bawaslu/PM.06.00/IX/2020 tanggal 22 September 2020 dan Surat Bawaslu RI Nomor: 0567/K.Bawaslu/PM.06.00/IX/2020 tanggal 23 September 2020 dengan membentuk Pokja Pencegahan Covid-19 ini. 

'Dalam rapar ini, kita menguraikan stuktur pokja yang perlu diisi oleh stakeholder terkait sekaligus tugas-tugas dari setiap bagian dalam struktur Pokja Pencegahan Covid-19 tersebut," ujarnya. 

Ia berterima kasih kepada seluruh stakeholder yang sangat responsif dalam menyikapi pembentukan Pokja Pencegahan Covid-19 ini. 

"Hal ini penting untuk kita lakukan agar seluruh tahapan Pilkada Kabupaten Bateng berjalan lancar dengan mencerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,"ungkapnya.

Ketua Bawaslu Babel, Edi Irawan menyampaikan pentingnya dilakukan pembentukan Pokja Pencegahan Covid-19 pada Pilkada Bateng Tahun 2020 agar tidak terbentuk claster Covid-19 pada Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Bateng.

"Bawaslu mempunyai tugas melakukan pengawasan terhadap penegakan protokol kesehatan  Covid-19 sebagaimana tercantum dalam Pasal 88B Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2020, dimana pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 ini memiliki tantangan tersendiri. Karena dilaksanakan bersamaan dengan adanya pandemi Covid-19," ucapnya.

Ia juga mengatakan kalau Bawaslu dan jajaran Pengawas Pemilihan lainnya dalam melakukan pengawasan semua tahapan penyelenggaraan Pemilihan, tetapi juga wajib untuk mengawasi proses semua tahapan penyelenggaraan dengan memastikan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. 

Sementara itu, Plt  Bupati Bateng, Yulianto Satin menyambut baik pembentukan Pokja Pencegahan Covid-19 tersebut sehingga diharapkan dapat mencegah terbentuknya klaster baru pada penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020 yang dilaksanakan di tengah situasi pandemi Covid-19. 

"Sebagai stakeholder di Bateng ini, tentu kita mendukung dibentuknya Pokja ini, mudah-mudahan dengan upaya yang maksimal dan kerjasama yang baik dalam melakukan pencegahan Covid-19 ini, Pilkada di Bateng dapat berlangsung dengan selalu memperhatikan penerapan kesehatan protokol Covid-19,"pungkasnya. (BBR)

Laporan: faisal