Bawaslu Bateng Sambangi SLBN Koba, Berikan Sosialisasi Dan Edukasi Pengawasan Bagi Disabilitas

Admin
Bawaslu Bateng Sambangi SLBN Koba, Berikan Sosialisasi Dan Edukasi Pengawasan Bagi Disabilitas

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW. CO. ID– Memasuki tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) semakin gencar melakukan sosialisasi pengawasan bagi penyandang disabilitas Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Koba. Selasa (21/6/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di SLB Negeri Koba diikuti oleh siswa-siswi SLB yang telah memiliki hak pilih pada Pemilu 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bateng, Robianto mengungkapkan bahwa dalam waktu kurang dari dua tahun kedepan akan dilaksanakan Pemilu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Legislatif serta Kepala Daerah.

“Adik-adik yang hadir di kegiatan sosialisasi hari ini sudah bisa menggunakan hak pilih untuk mencoblos di TPS pada Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang, karena telah memenuhi syarat sebagai pemilih dan ini menjadi pengalaman pertama adik-adik dalam menggunakan hak pilih dengan memberikan suara di TPS,” ujarnya.

Dikatakan, Robianto juga mengajak peserta untuk turut serta mensosialisasikan gerakan menolak praktik politik uang.

“Jangan mau suara adik-adik dibeli dengan uang, gunakan suara sesuai pilihan hati nurani kalian. Jangan ikut, jika ada yang mengajak untuk merusak TPS, merusak surat suara. Untuk itu, kami hadir memberikan pencerahan kepada pemilih pemula harus menggunakan hak pilih secara aktif, bebas dan rahasia,” jelasnya.

Sementara, Kepala Sub Bagian Tata Usaha SLB Negeri Koba, Tommy menyambut baik kegiatan sosialisasi tersebut. Menurut Tommy, kegiatan seperti ini memang sangat penting untuk membuka wawasan anak didiknya yang pada Pemilu 2024 mendatang sudah memiliki hak suara.

“Terima kasih bagi Bawaslu Bateng yang sudah melaksanakan sosialisasi di sekolah kami ini dan kegiatan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif seperti ini memang baru pertama sekali dilaksanakan disini. Sebagai tuan rumah kami sangat berterima kasih karena sudah kepikiran untuk memperhatikan kita dan melibatkan anak-anak disini,” ungkapnya.

Adapun kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif berbasis disabilitas ini diikuti pelajar SLBN Koba dari semua tingkatan yang ada, yakni SD, SLTP dan SLTA. Para pelajar tersebut rata-rata sudah berusia 16 tahun dan telah memiliki hak pilih pada Pemilu 2024 mendatang.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Bawaslu Kabupaten Bateng Robianto bersama Anggota, Muhamad Utoyo, Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bateng Win Iskandar, Kasubbag TU SLBN Koba Tommy, Kasubbag Pengawasan Pemilu dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Bateng Dedi Gustyanto.

Penulis : Aqbal