Begini Nasib Dua Hotel Di Toboali Ditengah Covid-19

Ahada
Begini Nasib Dua Hotel Di Toboali Ditengah Covid-19
Dua hotel di Toboali Bangka Selatan ini tetap beroperasi, di tengah pandemi covid-19 ini. (Ist)

TOBOALI, BABELRWVIEW.CO.ID -- Meski di tengah pandemi  covid-19 ini, dua hotel di Toboali Kabupaten Bangka Selatan masih tetap beroperasi. Hanya saja, jika tidak ada tamu, hotel dibuka setengah hari.

Pemilik Hotel A3, H Surianto mengaku hotel miliknya tetap buka. Untuk urusan tamu yang akan menginap di hotel yang beralamat di Jalan Kolong Dua -Toboali tersebut,  Surianto meneapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Hotel tetap kita buka dengan catatan tamu harus kondisi sehat dan bersih. Tapi tetap aja sepi dan kurang pemasukan, mungkin mereka tidak berani atau khawatir," ujar Surianto.

Mengenai karyawannya, Surianto tetap mempekerjakan mereka walau pemasukan berkurang.

Manajemen hotel tidak merumahkan atau memberhentikan karyawan.

"Tetap bekerja seperti biasa meski hanya sebentar. Sudah beres-beres langsung pulang. Dan mengenai gaji mereka, kami tetap bayarkan walau harus diambil dari simpanan kami, karena kasihan juga dengan mereka,  butuh biaya  buat keluarganya," imbuh Surianto.

Surianto berharap Covid-19 ini segera berlalu biar aktivitas berjalan kembali seperti biasanya dan roda perekonomian kembali stabil demikian juga dunia pendidikan.

Hal yang sama diungkapkan Agus, Manager Grand Marina Hotel, yang beralamat di Jalan Jenderal Soedirman no 44 Teladan Toboali Kabupaten Bangka Selatan.

Menurut Agus, dampak dari covid-19 ini pihak hotel terpaksa mengurangi jam kerja karyawan. Hotel Grand Marina memiliki karyawan 13 orang.

"Bila 6 orang karyawan bekerja, maka  7 orang  diliburkan  selama 15 hari, nanti masuk lagi. Kemudian 6 orang  karyawan libur,  maka 7 orang lainnya nanti masuk lagi, gantian mas," ungkap Agus. (*/BBR)
Laporan: Kulul Sari