Belitung Menuju Destinasi Wisata Dunia

Admin
Belitung Menuju Destinasi Wisata Dunia
dok pantai foto Belitung foto: (Ichsan Husein )

BELITUNG, BABEL REVIEW -- Kabupaten Belitung berbenah menuju wisata dunia. Apa istimewanya Belitung? Alasan utamanya karena Belitung punya Tanjung Kelayang, destinasi yang sedang dikembangkan menjadi '10 Bali Baru'. Ditambah lagi, Bandara Hanandjoedin di Belitung sudah menjadi bandara internasional.

Sudah sangat layak didarati pesawat yang membawa turis-turis dari luar negeri. “Pulau ini memiliki potensi pariwisata yang indah, khususnya wisata bahari dengan struktur geologi yang unik dan peninggalan sejarahnya yang kaya dan berhubungan erat dengan Singapura dan China daratan,” kata Chandra Lie, CEO Sriwijaya Air. Belitung adalah destinasi prioritas yang punya prospek cepat dan bagus. Jarak tempuh dari Jakarta tidak sampai satu jam penerbangan.

Begitu pun dari Singapura dan Kuala Lumpur. Jarak tempuhnya tidak terlalu jauh karena kedekatan geografis itu cukup menentukan dalam pariwisata. “Jarak yang semakin dekat, akses semakin mudah, semakin murah, semakin berpeluang dikunjungi. Saya melihat atmosfernya sangat bergairah di sini. Apalagi saat ini bandara di Belitung sudah bisa didarati Boeing 737-800 sehingga dari Singapura dan Kuala Lumpur Malaysia sudah bisa dibuka aksesnya,” ujar Menpar Arief Yahya. Saat ini, Sriwijaya menilai rute internasional Singapura-Tanjung Pandan sangat seksi.

Apalagi Kementerian Pariwisata sudah memastikan kawasan Belitung bakal dilengkapi fasilitas pariwisata kelas dunia, hotel serta resort yang berkelas. Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya, konektivitas udara adalah jembatan masuk wisatawan untuk datang. Belitung memiliki pesisir pantai yang panjang dan indah.

Punya kepulauan yang eksotis, bebatuan yang menarik juga kuliner yang enak dan halal. “Kualitas pasir putih pantainya, sampai terumbu karangnya, potensi Belitung berani diadu. Kita ngak kalah dari Phuket dan Langkawi,” ujar Bupati Belitung Sahani Saleh.  Ke depan, Belitung akan menggeber pembangunan pariwisata di daerahnya khususnya kawasan destinasi pariwisata.


Penulis :Ichsan Husein
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview