Belum Anjurkan Tanam Porang, Begini Penjelasan Dinas Pertanian Bateng

Irwan
Belum Anjurkan Tanam Porang, Begini Penjelasan Dinas Pertanian Bateng
Sajidin, Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah

KOBA, BABELREVIEW.CO.ID -- Beberapa Pemerintah Daerah di Indonesia saat ini sedang menggalangkan budi daya tanaman porang kepada para petani karena memiliki potensi yang menjanjikan, namun tidak untuk Kabupaten Bangka Tengah

Dikonfirmasi Babelreview.co.id, Pemkab Bangka Tengah melalui Dinas Pertanian belum sepenuhnya menganjurkan kepada para petani untuk menanam porang karena masih menganalisa sisi ekonomisnya serta akses menjualnya.

"Memang benar, saat ini tanamang porang sudah digalakkan oleh beberapa pemerintah daerah, namun untuk di Bangka Tengah kami masih belum benar-benar menganjurkannya kepada petani karena masih dianalisa," ujar Sajidin, Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Jumat (29/1/2021).

Ia menjelaskan, pihaknya saat ini masih menganalisa dan memastikan terkait biaya tanam, harga jual, serta akses pemasaran terlebih dahulu, baru benar-benar disosialisasikan ke para petani.

"Kami belum menganjurkan bukan karena porang tidak mempunyai nilai ekonomis, melainkan kami ingin terlebih dahulu memastikan proses dari hulu ke hilir yakni dari biaya tanam hingga akses jual kemana, jangan nanti malah kami anjurkan sejak awal namun susah mau jualnya kemana," pungkasnya.

Sajidin menyampaikan, kendati banyak mengandung manfaat serta nilai ekonomis, salah satu alasan pihaknya belum menganjurkan petani untuk menanam porang karena akses jual yang belum pasti.

"Saat ini pabrik pengolahan banyak berada dijawa, belum ada di Bangka Belitung, sebab itu masih kita analisa nilai ekonomisnya karena mesti dihitung biaya tanam, akses jual hingga biaya pengiriman, bila nanti sudah didapatkan baru akan benar-benar kami sosialisasikan," pungkasnya. (BBR)

Laporan: Faisal

Editor: Irwan