Belum Punya Cold Storage, Udang Vaname Tak Bisa Ekspor Langsung dari Babel

Irwan
Belum Punya Cold Storage, Udang Vaname Tak Bisa Ekspor Langsung dari Babel
Anggota DPRD Basel Samsir

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Selain berkunjung ke Dinas Lingkungan Hidup Bangka Belitung guna mencari informasi tentang investasi tambak udang vaname, Komisi III DPRD Bangka Selatan (Basel) juga ingin mengetahui sistem ekspor udang vaname.

Anggota DPRD Basel Samsir mengatakan, dari pertemuan ini juga diketahui bahwa ekspor udang vaname ini melalui Provinsi Lampung bukan dilakukan oleh Bangka Belitung.

"Hal ini bukan tanpa sebab, dengan alasan bahwa Bangka Belitung belum memiliki cold storage. Sedangkan kabupaten cuma bisa mengambil pajak air permukaan dan bawah tanah khusus yang di darat saja," katanya, Jumat (9/4/2021).

Menurutnya, dengan adanya investasi tambak udang ini kita tinggal berharap investor bisa menyerap tenaga kerja lokal yang ada disekitar di mana tambak udang itu beroperasi, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran, mengurangi kemiskinan dan meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat setempat.

Karena, sambungnya, hanya dari itu yang bisa diharapkan sampai Provinsi Bangka Belitung bisa memiliki cold storage sehingga bisa langsung ekspor tanpa melalui provinsi lain.

Sebelumnya diberitakan, Komisi III DPRD Basel berkunjung ke DLH Babel. Dari kunjungan tersebut, diketahui bahwa sudah ada 29 investor tambak udang yang telah membuka usahanya di wilayah Bangka Selatan dan 13 perusahaan tambak udang yang belum ada sama sekali berkoordinasi dengan dinas terkait di provinsi. (BBR)

Laporan: Andre

Editor: Irwan