Beraksi di 3 Kecamatan, Pelaku Penipuan dan Penggelapan Diringkus Tim Tupai Polres Bateng

andre
Beraksi di 3 Kecamatan, Pelaku Penipuan dan Penggelapan Diringkus Tim Tupai Polres Bateng
Tim Satreskrim Bateng saat menunjukan pelaku bersama dengan sejumlah barang bukti dari kasus penggelapan dan pencurian pada Kamis (14/5/2020).

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Kepolisian Resort (Polres) Bangka Tengah (Bateng) berhasil mengungkap kasus penipuan dan penggelapan dalam Operasi Pekat Menumbing tahun 2020

Dalam Non To Operasi Pekat Menumbing tersebut, Polres Bateng berhasil meringkus satu pelaku, berinisial Z (47) warga Desa Lubuk Lingkuk yang diduga tindak pidana penipuan atau pengelapan di toko saudara Seliung alias Aliung di Jl Tangsi Kecamatan Koba yang tertuang dalam No/LP/A-144/V/2020/ Sat Reskrim/RES BATENG/ tanggal 12 Mei 2020 sekira pukul 20.00 wib.

Kejadian yang terjadi pada Selasa (12/5/2020) sekitar pukul 11.00 Wib, informasi yang didapatkan dari korban, kronologi bermula ketika pelaku Z berpura-pura membeli dan membawa kabur beberapa barang seperti 30 bungkus rokok sampoerna, 10 bungkus rokok magnum, 10 bungkus rokok surya, 1 karung beras dengan berat 10 Kg , 1 dus bolesa botol 600ml dan 30 bungkus luwak white kopi.

Selain itu, pelaku juga sebelumnya pernah melakukan tindak pidana yang sama di empat tempat berbeda di Kecamatan Koba yaitu di toko Sofia pada tanggal (6/3), di toko Yuliana pada (8/3), di toko Hasim pada (20/3), di toko Alex pada (4/4) serta satu di Kecamatan Air Gegas yakni toko Marsali pada (11/4) sehingga mengalami kerugian materil dengan total kurang lebih sebesar Rp 4,2 juta.

Kasat Reskrim Polres Bangka Tengah IPTU Mulya Sugiharto atas seijin Kapolres Bangka Tengah AKBP Slamet Ady Purnomo mengatakan, dalam tindak pidana pengelapan dan penipuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 372 dan 378 KUHP tersebut pihaknya sudah memeriksa 5 saksi masing-masing korban.

"Dari hasil laporan saksi-saksi, pada Selasa (12/5/2020) sekitar pukul 21.00 wib, Tim Tupai Satreskrim Polres Bangka Tengah bersama Unit Reskrim Polsek Lubuk Besar langsung mengamankan pelaku Z dan dibawa ke Mapolres guna pemeriksaan lebih lanjut,"ujarnya, Kamis (14/5/2020).

Dikatakannya, penangkapan ini bermula dari adanya aduan dari masyarakat tentang kejahatan yang dilakukan Z di Tiga Kecamatan yakni Lubuk Besar, Koba dan Sungaiselan.

"Dari informasi dan hasil penyelidikan, Alhamdulillah pelaku berhasil kita amankan, Kami juga berterimakasih kepada masyarakat yang telah bekerja sama dengan Satreskrim Polres Bateng atas informasi keberadaan yang telah di Informasikan Kepada Pihak Kepolisian,"pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Faisal

Editor    : Admin03

Sumber : BBR