Beraksi di 7 Lokasi, Pengangguran Diringkus Polsek Taman Sari

kasmirudin
Beraksi di 7 Lokasi, Pengangguran Diringkus Polsek Taman Sari
Kapolres Pangkalpinang saat menggelar konferensi pers pencurian sepeda motor di Polsek Taman Sari, Senin (8/6/2020). (Foto: Gusti Randa)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- H alias Y (34) warga Kelurahan Batin Tikal, Kacamatan Taman Sari, berhasil diringkus Satuan Reserse Kriminal Polsek Taman Sari Polres Pangkalpinang.

Tersangka diamankan lantaran telah melakukan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di tiga wilayah berbeda yakni di wilayah hukum Polres Pangkalpinang, Polres Bangka Tengah dan Polres Bangka.

Kapolres Pangkalpinang, AKBP Tris Lesmana Zeviansyah mengungkapkan, tersangka diamankan berdasarkan Laporan Polisi LP/B-12/2020/  BABEL / RES PKP/ SEK TAMAN SARI, tanggal 16 Maret 2020.

"Pada saat itu korban melaporkan bahwa satu unit motor Honda Beat miliknya hilang saat terparkir di samping pondok kebun di daerah Kelurahan Jerambah Gantung, Kecamatan Gabek. Atas kejadian itu korban mengalami kerugian sebesar Rp 5,5 juta," kata Kapolres saat menggelar konferensi pers di Polsek Taman Sari, Senin (8/6/2020).

AKBP Tris mengatakan, dari hasil penyelidikan jajaran Satuan Reserse Kriminal Polsek Taman Sari, pada Jumat 5 Juli  2020 sekira pukul 14.00 WIB, pelaku diketahui berada di sebuah bengkel motor di Jalan Kapten Munzir, RT 03 RW 03 Kelurahan Batin Tikal, Kecamatan Taman Sari Kota Pangkalpinang.

"Dari hasil penyelidikan itu dan ternyata benar keberadan pelaku berada disana dan tepat pada pukul 15:30 wib pelaku berhasil diamankan," ucapnya.

Kapolres mengatakan, setelah dilakukan penangkapan terhadap pelaku, kemudian dilakukan introgasi dan pelaku mengakui perbuatannya.

"Berdasarkan pengakuannya pelaku juga telah melakukan pencurian di 7 tempat yakni di wilayah Pangkalpinang empat lokasi, wilayah Bangka Tengah dua lokasi dan wilayah Kabupaten Bangka satu lokasi," sebutnya.

Dia menambahkan, motif pelaku melakukan pencurian karena terdesak kebutuhan ekonomi, karena belum memiliki pekerjaan tetap. Kemudian uang hasil pencurian digunakan untuk kebutuhan sehari hari dan membeli minuman keras.

Dari tangan pelaku, diamankan barang bukti yang berhasil diamankan di antaranya 1 unit motor Honda Beat warna merah jambu, 1 unit motor Yamaha Jupiter MX warna merah hitam dan 1 unit motor Yamaha Jupiter warna hitam.

“Atas perbuatannya tersangka patut diduga melanggar pasal 363 Ayat 1 ke-4 KUHPidana dengan ancaman hukuman 7 Tahun penjara," tutupnya.

Sementara itu, Kapolsek Tamansari AKP Arif Andian Eka Buwono, mengimbau kepada masyarakat untuk selalu peduli terhadap lingkungannya dan tidak memarkirkan kendaraan sembarangan.

"Untuk mengantisipasi kejadian ini periksa kembali kunci sebelum meninggalkan kendaraan," imbaunya. (BBR)


Penulis : Gusti Randa

Editor  :  Kasmir