Berburu Seru di Pulau Seliu, dari Pantai Marangbulo hingga Danau Purun

Irwan
Berburu Seru di Pulau Seliu, dari Pantai Marangbulo hingga Danau Purun
Sudut pemandangan di Pulau Seliu

MEMBALONG, BABELREVIEW.CO.ID – Bangka Belitung merupakan daerah kepulauan yang terdiri lebih dari 470 pulau. Sekitar 51 pulau kecil tercatat memiliki penghuni. Di Selatan Belitung, ada Pulau Seliu yang layak masuk daftar kunjungan Anda.

Membalong tampak cerah pagi itu. Sinar matahari yang terik memantul ke laut sehingga membuat warnanya biru terang bercahaya. Ditambah dengan pasir putih yang terhampar di sebelahnya, tentu itu kombinasi terbaik bagi sebuah pemandangan tepi pantai. Pagi itu, Teluk Gembira begitu menggoda.

Sebuah dermaga menjorok ke arah laut di sisi kanan Pantai Teluk Gembira. Inilah titik keberangkatan menuju Pulau Seliu, sajian utama kita. Pulau tersebut sudah terlihat dari kejauhan.

Untuk sampai ke sana, perlu waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan dengan menumpang perahu boat. Tarifnya 20 ribu untuk tiap penumpang. Warga juga kadang menaikkan sepeda motor mereka di atas boat dengan tambahan biaya. Di Seliu, sepeda motor menjadi alat transportasi yang diandalkan warga.

Sesampai di Seliu, Anda akan disambut suasana khas pelabuhan tradisional dimana perahu-perahu nelayan berjejeran bersandar di dermaga. Pelabuhannya bersih. Air lautnya masih terjaga. Tidak percaya? Anda masih akan mudah melihat Bintang Laut dengan jumlahnya yang tidak sedikit di dasar air.

Selanjutnya melanjutkan perjalanan menuju jalanan pemukiman warga, Anda akan dibuat takjub dengan tata letak desa yang cantik. Jalan aspal yang tidak terlalu lebar diapit oleh trotoar pejalan kaki. Menyusuri jalanan desa ala pulau seperti ini, sungguh akan jadi pengalaman menyenangkan, lebih-lebih bagi Anda yang boring dengan suasana padat khas perkotaan.

Desa Pulau Seliu masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung. Ada sekitar 365 KK (Kepala Keluarga) yang mendiami pulau ini. Sebagian besar dari mereka bermata pencaharian sebagai nelayan. Seliu memang terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah, salah satunya kepiting rajungan.

Pantai Marangbulo adalah salah satu spot terbaik yang bisa Anda kunjungi di pulau dengan julukan "Negeri Liu Liu" itu. Jaraknya sekitar 7 KM di sisi lain dermaga pelabuhan Pulau Seliu. Pantai Marangbulo sajikan landscape pantai berpasir putih dan laut biru dengan gradasi warna tosca yang memukau. Bebatuan granit pun tampak di berbagai sisi. Yang istimewa tentu karena pantai ini belum ramai pengunjung sehingga suasana syahdu khas pantai akan mudah Anda rasakan.

Sebagai alternatif lain selain pantai, Anda dapat mengunjungi Danau Purun. Jangan bayangkan itu adalah danau dengan air yang luas, karena danau ini adalah hamparan rawa yang ditumbuhi tumbuhan ilalang yang hidup di air atau purun.

Jika Anda ingin menikmati Pulau Seliu lebih lama dan tak terburu-buru, maka kami sarankan Anda untuk menginap di homestay-homestay yang dikelola warga. Menginap di rumah panggung Melayu klasik tentu akan menjadi pengalaman yang seru dalam wisata Anda. (BBR)

Penulis: Ichsan Husein