Beredar Himbauan di WAG, Mulai Besok Warga Babel Yang Keluar Rumah Wajib Pakai Masker

Ahada
Beredar Himbauan di WAG, Mulai Besok Warga Babel Yang Keluar Rumah Wajib Pakai Masker
Ada himbauan bahwa masyarakat Babel yang keluar rumah mengendarai kendaraan motor wajib pakai masker. (Firly/babelreview.co.id)
PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Beredar di Grup-Grup WA, permintaan agar seluruh masyarakat Bangka Belitung yang naik kendaraan bermotor wajib pakai masker sejak Selasa (21/4/2020).
 
Jika melanggar, maka siap-siap pengendara akan ditindak tegas oleh pihak kepolisian Polda Babel.
 
Permintaan ini sudah mulai beredar di media sosial dan WAG sejak Senin (20/4/2020) siang.
 
"Menindaklanjuti hasil rapat siang ini bersama Gubernur, Kapolda, Kejari, Camat, Lurah se Bangka Belitung, maka mulai besok diinstruksikan bagi masyarakat yang naik kendaraan  bermotor tidak pakai masker akan ditindak tegas oleh pihak kepolisian. Jadi Bapak Ibu RT/RW, tolong beritahu kepada masyarakat yang di wilayah masing-masing, agar mulai besok setiap keluar rumah wajib pakai masker. Terimakasih," begitu isi tulisan yang beredar tersebut.
 
Belum tahu siapa yang menulis ini dan pertamakali menyebarkannya ke WAG.
 
Yang pasti pengumuman ini telah menyebar hampir di semua android maupun handphone masyarakat Bangka Belitung.
 
Sebenarnya himbauan memakai masker ini sudah dilontarkan Presiden dan hampir seluruh Kepala Daerah di Pulau Jawa.
 
Perintah ini dikeluarkan mengingat tingkat penyebaran virus corona  yang terus meningkat hampir di seluruh wilayah di  Indonesia.
 
Karena itu, tidak mengherankan jika ketentuan ini juga diberlakukan di Bangka Belitung, dengan  mewajibkan masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah maupun area publik.
 
Penggunaan masker bertujuan untuk menekan risiko terpapar Severe Acute Respiratory Syndrome Virus (SARS-CoV-2) sebagai virus penyebab Corona Covid-19.
 
"Lah benarlah perintah ini. Sudah seharusnya kita di Bangka Belitung ini lebih waspada. Meskipun di Babel ini belum separah di Pulau Jawa, namun sudah selayaknya mulai sekarang kita menyetop peredaran virus ini. Salah satunya dengan memakai masker," ujar Huzami, usai membaca kiriman dari grup WA soal himbauan wajib memakai masker tersebut.
 
Masker kain bisa menjadi alternatif bagi masyarakat, karena masker berstandar medis diutamakan untuk tenaga kesehatan.
 
Penggunaan masker kain yang tepat dapat mengurangi risiko penularan Covid-19.

"Meski himbauan tersebut belum diketahui siapa yang mulai menyebarkan. Tetapi sebagai Ketua RT saya menyambut baik. Sudah seharusnya kita bersama menjaga diri kita masing-masing. Selaian harus berdiam di rumah, kita juga harus melindungi diri jika terpaksa harus keluar rumah. Salah satunya ya pakai masker," ujar Ruslan SE, Ketua RT 8 RW 3 Kelurahan Air Itam Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkalpinang ini, saat diminta tanggapannya, Senin (20/4/2020) malam.
 
Ruslan mengaku dirinya juga mendapat kiriman lewat WA yang berisi himbauan wajib pakai masker bagi warga yang sedang keluar rumah mengendarai kendaraan bermotor.
 
"Kalau saya Insya Allah sudah saya sampaikan kepada warga saya. Kalau bukan kita yang menjaga keluarga dan tetangga, lalu siapa lagi. Pakai masker berarti kita telah melindungi diri sendiri dan melindungi orang lain," ucar Ruslan. (BBR) 
Laporan: @hada