Berego, Cita Rasa Sederhana Khas Belitong

Irwan
Berego, Cita Rasa Sederhana Khas Belitong
Berego. Foto: Pras

MANGGAR, BABELREVIEW.CO.ID – Belitung tak hanya dikenal karena alamnya yang indah dan mempesona, tapi juga kekayaan kulinernya. Salah satunya adalah berego, makanan lokal khas yang sangat populer bagi masyarakat lokal maupun wisatawan di Negeri Laskar Pelangi.

Makanan berwarna putih yang terbuat dari bahan sederhana, yakni campuran tepung beras dan sagu ini punya penampilan berselera. Disajikan dengan kuah santan serta kari ikan sebagai pendampingnya.

Proses pembuatannya pun tak terlalu sulit karena orang hanya perlu menyiapkan tepung beras, sagu, air dan garam. Semua bahan lalu dicampur menjadi satu dan mengaduk adona menjadi satu hingga kalis. Kemudian adonan dikukus hingga matang, selanjutnya berego digulung selagi hangat. Berego ini kemudian dipotong gulungan sehingga tampak seperti berlapis.

Tak heran kalau makanan enak yang juga dikenal sebagai lontong berlapis ini terkesan unik. Berego kerap menjadi pilihan karena kombansi rasa ikan yang segar dengan tekstur yang kenyal membuat menu ini menjadi hidangan sehari-hari maupun momen spesial, seperti resepsi, perayaan, acara besar dan pertemuan di Belitung.

Peluang usaha ini pun ditangkap oleh UMKM, baik produksi rumah tangga atau rumah makan yang biasa dipasarkan ke sejumlah penjual jajanan pasar di Kota Manggar, Belitung Timur. Imbasnya, sebagai makanan khas tradisional, berego tetap eksis hingga sekarang sekaligus menambah kekayaan kuliner nusantara.

Seorang penjual jajajan pasar, Arman mengaku terkadang ada usaha rumahan yang menitip makanan berego di tempatnya. Meski tak banyak disediakan, namun menu kuliner ini kerap habis diborong pembeli karena cita rasanya yang nikmat dan tentunya penampilannya juga menggoda selera.

“Setiap pagi kami menyediakan jajanan pasar dan salah satunya menu berego ini. Kami melihat makanan ini cukup disukai konsumen sehingga saat disediakan cepat terjual meski tidak setiap hari orang menitipkannnya untuk dijual di tempat kami,” ujarnya.

  • Halaman
  • 1
  • 2