Berkat Sinergi Pemdes dan Kepolisian, Desa Airbara Jadi Kampung Tegep Mandiri

kasmirudin
Berkat Sinergi Pemdes dan Kepolisian, Desa Airbara Jadi Kampung Tegep Mandiri
Desa Airbara, Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan terpilih sebagai Kampung Tegep Mandiri. (Foto: Istimewa)

AIRGEGAS, BABELREVIEW.CO.ID -- Desa Airbara, Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) satu dari sekian desa yang terpilih sebagai Kampung Tegep Mandiri.

Kampung Tegep Mandiri merupakan program Polri yang diteruskan kepada gubernur dan Polda, yang bertujuan agar warga secara mandiri bisa beraktivitas normal di tengah pandemi Covid-19.

Tidak semua desa yang ada di Babel dipilih menjadi Kampung Tegep Mandiri. Hanya desa-desa yang dinilai siap dengan poin-poin yang menjadi syarat Kampung Tegep Mandiri yang dipilih.

Adapun beberapa poin yang menjadi syarat untuk dipilih sebagai Kampung Tegep Mandiri di antaranya ketersediaan tim keamanan, tim kesehatan, ruang karantina, serta posko kesehatan dan pangan.

Desa Airbara merupakan desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bangka Tengah.

Kepala Desa Airbara, Mukhlis Insan mengakui bahwa suatu kebanggaan, Desa Airbara bisa dipilih sebagai titik Kampung Tegep Mandiri, Senin (22/06/2020).

"Bangga tentunya, tapi kami juga akan terus bertanggung jawab atas dipercayakannya Kampung Tegep Mandiri di desa kami," katanya.

 Menurut Mukhlis, terbentuknya Kampung Tegep Mandiri di Desa Airbara tidak lepas dari semangat dan bantuan dari Pemerintah Desa Airbara, BPD, Puskesmas Airbara, pemuda pemudi serta masyarakat Desa Airbara, dan tidak kalah penting juga dukungan dari Polsek Airgegas yang langsung dipimpin Kapolsek Iptu Fajar Pratama.

"Saya berharap dengan adanya posko Kampung Tegep Mandiri kebutuhan yang ada di desa untuk warga yang kurang mampu dapat terbantukan. Garis besarnya dari warga kembali untuk warga," imbuhnya.

Mukhli merasa bersyukur mendapat dukungan penuh dari pihak kepolisian terutama Polres Basel dan Polsek Air Gegas.

"Kapolres dan Kapolsek sangat mendukung program ini dan dari pandangan mereka Desa Airbara memang siap untuk menjadi Kampung Tegep Mandiri. Mereka berharap program ini bisa bermanfaat, " pungkasnya. (BBR)


Penulis : Andre

Editor  : Kasmir