Bersama Gubernur Babel, Algafry-Erfian Panen Nila Hitam di Pinang Sebatang

Irwan
Bersama Gubernur Babel, Algafry-Erfian Panen Nila Hitam di Pinang Sebatang

SIMPANG KATIS, BABELREVIEW.CO.ID -- Bupati Bangka Tengah (Bateng) Algafry Rahman dan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman didampingi Wakil Bupati Bateng, Herry Erfian membuka acara Temu Teknis Pembudidaya Ikan bersama Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Pinang Raya dan Pinang Lestari di Desa Pinang Sebatang, Kecamatan Simpang Katis, Rabu (10/3/2021).

Kegiatan yang mengusung tema Temu Teknis Budidaya Ikan Berkelanjutan Untuk Masa Depan ini, bertujuan sebagai ajang pengembangan pengetahuan dan keterampilan pembudidaya ikan di Kabupaten Bangka Tengah, dengan peserta perwakilan pokdakan-pokdakan yang ada di Kecamatan Simpang Katis dan Kecamatan Sungaiselan.

Sebelum melanjutkan agenda di desa lain, Gubernur Babel, Bupati dan Wakil Bupati Bateng menyempatkan panen ikan nila jenis hitam yang merupakan komoditi yang unggulan di Desa Pinang Sebatang. Setelahnya, digelar diskusi singkat dengan para perwakilan pokdakan tentang hambatan dan persoalan yang dihadapi di lapangan.

Acara diskusi kemudian dilanjutkan lebih intens oleh Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian yang menunjukkan apresiasinya atas kemajuan dan perkembangan budidaya ikan di Desa Pinang Sebatang. Menurutnya, kesuksesan kegiatan budidaya ikan di Desa Pinang Sebatang harus menginspirasi desa-desa lainnya dalam hal budidaya ikan air tawar dengan tetap memperhatikan aspek keberlanjutan, dukung lingkungan, serta inovasi produk hilir.

“Menyampaikan pesan Bapak Bupati, marilah kita mulai berpikir untuk mengarah ke produk hilir, misalnya fillet ikan nila atau daging ikan nila tanpa tulang”ucapnya

Pada kesempatan itu diserahkan juga bantuan Asuransi Pembudidaya Ikan Kecil kepada Pokdakan Pinang Raya dan Pokdakan Bina Lestari, juga penyerahan bantuan Alat Kualitas Air kepada Pokdakan Sukses Bersama dan Pokdakan Melintang Unggul, dilanjutkan peninjauan ke lokasi produksi pakan mandiri di desa tersebut.

Para narasumber yang dihadirkan dalam diskusi tersebut yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Pangkalpinang, Kepala Bidang Pengembangan Usaha Perikanan Budidaya dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Kepala UPTD Perikanan Budidaya, Kepala Bidang Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan dan Bina Usaha Hasil Perikanan.

Hadir memotivasi para penggiat Pokdakan, Camat Simpang Katis, Kades Pinang Sebatang, juga perwakilan Pokdakan dari Kecamatan Simpang Katis dan Sungai. (BBR)

Laporan: Rhamdan

Editor: Irwan