Bersama HKTI Bangka, PT Inhutani V Akan Tingkatkan Penguasaan Areal Kerja

Irwan
Bersama HKTI Bangka, PT Inhutani V Akan Tingkatkan Penguasaan Areal Kerja
Kepala PT Inhutani V Unit Bangka Hendriansyah

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - PT Inhutani V Unit Bangka pemegang lahan konsesi di Kabupaten Bangka tahun 2021 mempunya rencana kerja seperti yang telah diamanahkan oleh pimpinan Inhutani V adalah penguasaan areal kerja.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala PT Inhutani V Unit Bangka Hendriansyah kepada awak media Babelreview.co.id saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (7/1/2021).

Menurutnya, lahan konsesi yang dimilikinya saat ini untuk lebih bisa ditingkatkan lagi dalam pengelolaan lahan terhadap masyarakat.

Salah satu langkah yang akan diambil pihaknya adalah dengan menerapkan pola kerja kemitraan terhadap masyarakat yang sudah terlanjur melakukan aktivitas dilahan hutan produksi tersebut.

"Nah kemitraan yang akan dilaksanakan ini juga membutuhkan dukungan dari berbagai elemen baik dari instansi dinas kehutanan, KPHP maupun dari penegak hukum lainnya. Dan sisi lainnya juga harus adanya dukungan dari organisasi dari HKTI Kabupaten Bangka yang telah menjalin kerjasama dengan Inhutani V Unit Bangka pada tahun 2020 yang lalu," terangnya.

Kepala PT Inhutani V Unit Bangka mengharapkan agar HKTI Kabupaten Bangka tetap berkomitmen untuk tetap bekerjasama guna meningkatkan pembinaan kepada masyarakat khususnya para petani sehingga banyak yang ingin melakukan kemitraan dengan Inhutani.

Dengan adanya kemitraan antara masyarakat dengan Inhutani yang didukung oleh HKTI itu merupakan salah satu point bahwa lahan atau areal tersebut sudah dikuasai.

Pasalnya, itulah tujuan dari penguasaan areal baik yang produktif, terkelola dan dikuasai.

Tahun 2020 yang lalu merupakan tahun adaptasi dan permulaan bagi pihaknya, dan sampai saat ini baru sekitar 10 sampai 15 persen saja lahan yang baru teroptimalkan.

"Karena kita baru menjalin kerjasama dengan HKTI di bulan Agustus tahun 2020 dan belum bisa dilihat hasilnya secara maksimal. Dan sampai saat ini juga kami masih terus melakukan pembinaan secara menyeluruh, yang perlu digarisbawahi adalah bahwa kerjasama dengan HKTI tidak dibatasi pada luas areal. Intinya kami berharap pada tahun 2021 ini bisa lebih meningkatkan penguasaan areal yang dibantu dengan seluruh elemen," pungkasnya. (BBR)

Laporan: Ibnu

Editor: Irwan