Besarnya Potensi Bisnis Kedai Kopi, Pemkot Pangkalpinang Akan Lahirkan Barista Handal

Irwan
Besarnya Potensi Bisnis Kedai Kopi, Pemkot Pangkalpinang Akan Lahirkan Barista Handal
Foto: Diko Subadya

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Kota Pangkalpinang akan menyelenggarakan program pelatihan tenaga kerja dibidang barista atau peracik kopi pada Agustus 2021 mendatang.

"Tahun ini kami rencanakan ada satu pelatihan baru yang ditambahkan, yaitu jenis pelatihan sebagai barista pada sekitar bulan Agustus," kata Kabid Ketenagakerjaan, Amrah Sakti, Senin (25/1/2021).

Amrah menyebutkan, alasan utama membuat program pelatihan barista ini, dikarenakan banyaknya pelaku usaha yang mengembangkan bisnis warung kopi di Kota Pangkalpinang.

"Jika dilihat dari potensinya kemungkinan besar peminatnya cukup banyak," ucapnya.

Menurutnya, untuk pelatihan barista tidak memerlukan peralatan yang banyak. Pelarihan ini dapat melahirkan para peracik kopi yang handal serta berpeluang untuk membuka usaha warung kopi di Kota Pangkalpinang.

"Karena kita sudah melakukan survei ini ke Belitung, para peserta pelatihan saat ini telah membuat brand sendiri. Setelah mereka mengikuti pelatihan, kemudian hasil pelatihan diaplikasikan dan itu juga tidak memerlukan modal yang besar," imbuhnya.

Amrah menjelaskan, untuk pelatihan barista nantinya terdapat 16 orang peserta untuk satu kali pelatihan. Pelatihan akan dilakukan secara insentif selama 18 hari.

Selain itu, para peserta akan dilatih oleh para barista profesional dan mumpuni. Untuk pelatihan barista ini akan diajarkan meracik dua jenis kopi yakni kopi robusta dan kopi arabica.

"Pelatih akan didatangkan barista dari Bangka Belitung, yang sebelumnya merupakan seorang barista bekerja di kapal pesiar. Dia juga sudah buka usaha di sini dan melihat kami sudah melihat dan mencoba langsung kopi hasil racikannya, memang sudah berpengalaman," ujarnya. (BBR)

Laporan: Gusti

Editor: Irwan