BI: Kebutuhan Uang Tunai Ramadan dan Idul Fitri di Babel Capai Rp 1,16 Triliun

Irwan
BI: Kebutuhan Uang Tunai Ramadan dan Idul Fitri di Babel Capai Rp 1,16 Triliun
Ilustrasi uang pecahan. Foto: Ist

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan kebutuhan uang tunai yang diperkirakan mencapai Rp 1,16 Triliun pada periode Ramadan/Idul Fitri.

Berdasarkan denominasinya, uang pecahan kecil 5.000 dan 10.000 merupakan uang yang paling diminati oleh masyarakat.

Perkiraan kebutuhan tersebut telah memperhatikan antisipasi kebutuhan selama bulan Ramadan, libur Idul Fitri serta kebijakan dan stimulus Pemerintah kepada masyarakat selama periode penanganan dampak pandemik Covid-19.

Untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang, Bank Indonesia telah mendistribusikan uang pecahan kecil kepada seluruh perbankan di wilayah Bangka Belitung.

Selanjutnya untuk mempermudah dan memitigasi penyebaran COVID-19, masyarakat dapat melakukan penukaran uang melalui loket kantor bank terdekat dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan COVID-19 (penggunaan masker dan physical distancing) dan hal lainnya yang disediakan oleh perbankan seperti penyediaan hand sanitizer dan pemindaian suhu tubuh.

Dengan sinergi yang dilakukan oleh Bank Indonesia bersama perbankan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ketersediaan uang tunai di masyarakat Bangka Belitung dipastikan terjaga meski ditengah pandemik Covid-19. (BBR)