BLT Dana Desa Bangka Kota Mulai Dikucurkan, Setiap KK Dapat Rp 600.000

Ahada
BLT Dana Desa Bangka Kota Mulai Dikucurkan, Setiap KK Dapat Rp 600.000
Pemdes Bangka Kota mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga yang berhak, Rabu (6/5/2020). (Kulul/babelreview.co.id)

SIMPANG RIMBA, BABELREVIEW.CO.ID -- Desa Bangka Kota Kecamatan Simpang Rimba Kabupaten Bangka Selantan  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga yang berhak, Rabu (6/5/2020).

Bantuan langsung tunai yang dibagikan ini bersumber dari dana desa. Karena itu validasi data menjadi perhatian agar tidak terjadi pemberian bantuan yang tumpang tindih, bahkan salah sasaran.

"Tidak semua kepala keluarga penerima BLT yang terdampak Covid 19 dapat BLT Dana Desa ini. BLT DD yang kami berikan dalam bentuk dana sesuai namanya, bukan dalam bentuk sembako," jelas Kurniawan, Kepala Desa Bangka Kota, Rabu (6/5/2020).

Menurut Kurniawan  warga yang berhak menerima adalah waerga sesuai dengan hasil musyawarah desa, khusus tentang penetapan nama-nama penerima yang tertuang dalam Perkades, yaitu sejumlah Rp.600.000 untuk setiap kepala keluarga selama 3 bulan, mulai April hingga Juni 2020. 

Hal ini sesuai dengan musyawarah dusun yang telah dilakukan 23 April 2020 untuk menentukan KPM (Keluarga penerima manfaat) yang bersumber dari Dana Desa Bangka Kota Kecamatan Simpang Rimba Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Adapun sasaran penerima BLT DD tersebut sesuai Permendes, PDT dan Transmigrasi No : 6 tahun 2020, adalah, keluarga yang kehilangan mata pencaharian, belum terdata (exlusion error), serta yang mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis.

Kurniawan berharap agar masyarakat tetap rukun dan  jangan sampai ada gejolak di desa, karena hal itu akan membuat desa  tidak tenteram dan aman.

Kurniawan juga menghimbau bila ada aparatur desa yang berbuat tidak sesuai aturan silahkan untuk membuat pengaduan ke desa atau silahkan diperkarakan bila memang melakukan suatu kesalahan.

Penggunaan Dana Desa untuk penyaluran BLT diatur dalam Permendesa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 yang merupakan revisi Permendesa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

Kemendesa PDTT memperkirakan, BLT yang dialokasikan untuk 74.953 desa di seluruh Indonesia mencapai Rp 22,4 triliun.(*/BBR)
Laporan: Kulul Sari