Boy Yandra Imbau Aktivitas Belajar Mengajar di SMA Negeri 1 Pemali Ikuti Protokol Covid-19

Ibnuwasisto
Boy Yandra Imbau Aktivitas Belajar Mengajar di SMA Negeri 1 Pemali Ikuti Protokol Covid-19
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM. MPH saat melihat kesiapan SMA Negeri 1 Pemali, Pemali (29/5/2020). (Foto.Ist)

PEMALI, BABELREVIEW.CO.ID - SMA Negeri 1 Pemali, Kabupaten Bangka siap menjadi sekolah percontohan era Pandemi Covid-19 yang ditunjuk langsung oleh Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung. Dalam menyiapkan rencana belajar mengajar tanggal 2 Juni 2020 tersebut, Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Pemerintah Kabupaten mendatangi SMK Negeri 1 Pemali untuk melihat kesiapannya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka akan melakukan rapid test sebanyak 394 orang terhadap semua siswa, guru dan tenaga administrasi sekolah.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra menghimbau agar nantinya pada saat proses belajar mengajar tetap mengikuti aturan protokoler Covid-19, seperti menggunakan masker, setiap kelas harus menyediakan tempat suci tangan, dilakukan term setiap siswa dan harus menjaga jarak 1.5 meter sesuai anjuran dari WHO.

"Jika nantinya ada salah satu siswa yang demam, flu atau suhu badannya diatas 38 celcius maka siswa akan dirujuk ke pelayanan kesehatan atau dianjurkan untuk pulang. Maka untuk ujiannya bisa dilakukan di rumah," jelasnya, Jum'at (29/5/2020).

Ia menjelaskan untuk pelaksanaan belajar di SMA Negeri 1 Pemali jumlah kelas ada 20 dan untuk kelas 10 akan dilaksanakan dari tanggal 2 sampai 8 Juni 2020. Sedangkan kelas 11 dilaksanakan dari tanggal 8 sampai 13 Juni 2020. Dimana setiap ruang kelas hanya dapat diisi oleh sebanyak 18 siswa.

"Meskipun wilayah kerja dari SMA Negeri 1 Pemali ini ada di Provinsi Bangka Belitung, nantinya dari pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka akan melakukan upaya dan tindakan dengan melaksanakan rapid test kepada guru, kepala sekolah, siswa dan tenaga administrasi sekolah yang jumlah ada 394 orang. Ini kami lakukan dengan tujuan untuk mengantisipasi jika ada yang reaktif maka akan dilakukan tindakan lanjutan," tegasnya.

Boy Yandra mengharapkan dengan tindakan cepat yang dilakukannya maka semua kejadian yang menyangkut dengan Covid-19 dapat ditangani dengan baik. Sehingga Kabupaten Bangka dapat menuju new normality sesuai rencana dari Presiden RI.

"Dan hari ini kami dari Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka telah melakukan peninjauan awal ke SMA Negeri 1 Pemali untuk kesiapan dalam rangka melaksanakan aktivitas belajar mengajar era Covid-19 sebagai percontohan di provinsi Bangka Belitung," imbuhnya.

Lebih lanjut dia menegaskan nanti pada hari H pelaksanaan aktivitas belajar mengajar, pihaknya bersama dengan Dinas kesehatan dan tim lainnya akan turun langsung untuk melakukan rapid test.

"Dan besok tim dari BPBD Kabupaten Bangka akan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di area sekolahan SMA Negeri 1 Pemali. Saya berharap hasil rapid test nanti tidak ada yang reaktif, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan tertib dan lancar," tutup Boy Yandra. (BBR)


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review