Hasil Rapid Test Negatif, Dua Petugas RS Jiwa Babel Isolasi Diri di RSUD Depati Bahrain

Ibnuwasisto
Hasil Rapid Test Negatif, Dua Petugas RS Jiwa Babel Isolasi Diri di RSUD Depati Bahrain
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Bangka, Boy Yandra. (Foto.Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Bangka, Boy Yandra memberikan keterangan mengenai adanya beberapa petugas Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bangka Belitung yang masuk kategori ODP. Dijelaskannya bahwa pegawai Rumah Sakit Jiwa Provinsi yang masuk kategori ODP ada 4 orang, bukan 9 orang seperti isu yang beredar di masyarakat.

Hal tersebut disampaikannya melalui WhatsApp kepada wartawan Babelreview, Senin (20/4/2020).

Menurut keterangan Boy Yandra, 4 petugas RSJ Provinsi yang menangani pasien atas nama W dari Bangka Tengah pada tanggal 11 April 2020. Lalu pada tanggal 18 pasien W saat di lakukan rapid test di Bangka Tengah hasilnya positif.

"Maka dengan kejadian seperti itu, Dinas Kesehatan yang ada di Bangka Tengah langsung menghubungi Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, agar orang yang kontak langsung dengan pasien W untuk segera dilakukan rapid test," terangnya.

Setelah dilakukan rapid test terhadap ke empat petugas RSJ Provinsi yang sempat kontak langsung dengan pasien W, hasil rapid test empat orang tersebut hasilnya negatif.

"Namun keempat orang itu dilakukan isolasi, yang dua orang melakukan isolasi mandiri rumah dan dua orang lainnya melakukan isolasi di rumah sakit umum daerah Depati Bahrain Sungailiat. Yang di isolasi di rumah sakit 1 kategori ODP dan 1 lagi masuk kategori PDP," kata Boy Yandra.

Ia menjelaskan kenapa yang satu orang dimasukkan dalam kategori PDP, karena pada saat diperiksa suhu badannya tinggi, batuk disertai demam. Sedangkan yang ODP hanya menunjukkan gejala panas saja.

"Tujuan dirawatnya di ruang isolasi rumah sakit umum daerah Depati Bahrain adalah untuk mengurangi resiko kontak dengan yang lainnya. Meskipun rapid testnya orang tersebut dianggap negatif, tetapi kita masih menunggu hasil Swab. Hasilnya Swab orang tersebut sudah diambil dua kali tapi hasilnya masih belum keluar, kita berharap mudah-mudahan hasil swab kedua orang ini negatif," tandasnya.


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review