Tim Gustu Covid-19 Bangka Akan Lacak Pemilik Gelang Pantau yang Dibuang di Matras

Ibnuwasisto
Tim Gustu Covid-19 Bangka Akan Lacak Pemilik Gelang Pantau yang Dibuang di Matras
Gelang Pantau yang dibuang pasien di daerah Kelurahan Matras, Sungailiat Bangka hari Rabu 6 Mei 2020. (Foto.Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Boy Yandra SKM. MPH, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangka menyesalkan adanya pasien yang dengan sengaja melepas gelang pantau tanpa sepengetahuan Tim Relawan Pemantau ODP, Dinas Kesehatan maupun TGPP Covid-19 Kabupaten Bangka.

Ia katakan hal tersebut setelah pihaknya mendapatkan informasi jika telah ditemukan gelang pantau milik salah satu pasien yang ditemukan di daerah Kelurahan Matras pada hari Rabu 6 Mei 2020. "Kita sangat menyayangkan dengan adanya perlakuan pasien yang seperti ini, seharusnya pasien itu sadar bahwa gelang pantau sangat berguna untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19," ujarnya, Kamis (7/5/2020).

Menyikapi hal itu, pihaknya akan terus melakukan penulusuran pemilik gelang pantau tersebut. Dan setelah ditemukan pemilik gelang pantau itu, kemudian akan menindak lanjutinya dengan memasang kembali ke pasien.

"Nanti akan diberikan pemahaman kembali, betapa pentingnya pemasangan gelang pantau bagi pasien. Kami tidak ingin mengambil kebebasan orang, tetapi kondisi saat ini semua sedang menghadapi pandemi Covid-19," terangnya.

Boy Yandra menyebutkan gelang pantau dibuat bukan dari bahan besi, jadi masih bisa bagi pasien untuk melepas. Tetapi pihaknya menuntut agar pasien yang dipasang gelang pantau dapat disiplin dan ikuti aturan dari pemerintah.

"Gunakanlah gelang pantau yang telah dipasang oleh tim pantau itu dengan baik, dan kalau ada masalah dengan gelang itu langsung hubungi panitia pantau sehingga masalah yang ada dapat segera diselesaikan. Dan bagi masyarakat, saya himbau agar dapat memberikan motivasi dan semangat untuk kesembuhan bagi pasien," tegasnya. (BBR)


Penulis : Ibnu

Editor : 

Sumber : Babel Review