Boy Yandra : Kurang Dari Seminggu 5 Ruang Bertekanan Negatif di RSUD Depati Bahrain Siap Digunakan

Ibnuwasisto
Boy Yandra : Kurang Dari Seminggu 5 Ruang Bertekanan Negatif di RSUD Depati Bahrain Siap Digunakan
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM. MPH. (Foto.Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Setelah dilakukan rapid test masal di Kecamatan Merawang oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Provinsi Bangka Belitung, terdapat satu orang dengan inisilal HL dinyatakan hasil pemeriksaannya reaktif.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19, Boy Yandra SKM MPH melalui WhatsApp kepada wartawan Babelreview, Kamis (14/5/2020).

"Setelah diketahui hasil rapid test HL dinyatakan reaktif, kita meminta kepada yang bersangkutan untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari kedepan. Kemudian kami lanjutkan lakukan pemeriksaan rapid test juga kepada istri dan anaknya. Dan hasilnya menunjukkan non reaktif," ujarnya.

Saat ditanya mengenai kesiapan 5 ruang yang bertekanan negatif untuk rawat pasien Covid-19 yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Bahrain Sungailiat, ia menerangkan sampai saat ini masih dalam tahap finishing.

"Mudah mudahan dalam waktu kurang dalam seminggu ini ruangan bertekanan negatif itu sudah bisa diselesaikan dan dapat digunakan jika ada pasien yang positif Covid-19," imbuhnya.

Sementara itu untuk ruangan isolasi biasa yang berjumlah 16 ruang sudah digunakan oleh pasien ODP maupun PDP. Boy Yandra mengharapkan tidak ada warga Kabupaten Bangka yang positif Covid-19 dirawat di RSUD Depati Bahrain.

Lebih lanjut ia menjelaskan untuk pasien inisial RBT yang meninggal beberapa hari yang lalu hasil test swabnya dinyatakan negatif. Dan untuk seluruh anggota keluarga RBT hasil rapid test non reaktif.

"Saya menghimbau kepada masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Bangka untuk melakukan social dan physical distancing karena itu sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19 ini. Gunakanlah masker seketika keluar dari rumah, cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir, dan yang terakhir jangan lupa berdoa," pungkasnya.


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review