Boy Yandra, Pemkab Bangka Siapkan GOR Sungailiat dan RS Eko Maulana Ali Untuk Karantina ODP Covid-19

Ibnuwasisto
Boy Yandra, Pemkab Bangka Siapkan GOR Sungailiat dan RS Eko Maulana Ali Untuk Karantina ODP Covid-19
Juru Bicara Bupati Bangka Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Boy Yandra didampingi Kepala Dinas BPBD, M Ansori Muslim dan Kepala Dinas Perhubungan, Khairil Anwar saat menggelar konferensi pers di Halaman Kantor BPBD Bangka, Selasa (24/3/2020). (Foto.Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Juru bicara Bupati Bangka Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Boy Yandra bersama dengan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka dan Kepala Dinas Perhubungan Bangka menggelar konferensi pers terkait dengan penanganan penyebaran wabah virus corona atau Covid-19 di Halaman Kantor BPBD Kabupaten Bangka, Selasa (24/3/2020).

Pada kesempatan tersebut, Boy Yandra menyampaikan jika Gedung Olah Raga (GOR) yang ada di Jalan Pramuka Tambang 23 nantinya akan dimanfaatkan untuk rujukan pasien yang dianggap orang dalam pemantauan (ODP). Ia menjelaskan bahwa hari Jum'at tanggal 27 Maret 2020, GOR sudah dapat digunakan.

"Tapi juga tidak semena-mena ODP harus dirawat di sana bisa juga dirawat di rumah, tetapi jika ODP tersebut sudah meningkat jadi pasien dalam pengawasan (PDP) maka harus dirujuk ke Rumah Sakit Eko Maulana Ali yang ada di Belinyu. Mudah mudahan, ruangan yang dibangun saat ini dapat selesai dalam waktu 2 minggu ini," imbuhnya.

Dalam hal ini, pihaknya berharap untuk kasus yang PDP tidak meningkat levelnya. Dia berharap agar masyarakat tidak perlu merasa risau terhadap orang yang dalam status ODP, dinyatakan ODP itu orang yang yang mempunyai gejala mirip seperti meriang, pusing, panas dan sejenis. Tetapi bila orang tersebut belum pernah mengunjungi daerah yang sebelumnya mempunyai kasus Covid-19 berarti hanya ODP saja.

"Saya harap masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan informasi yang menyebar melalui media sosial atau sebagainya. Jika ada informasi kurang jelas silahkan lapor dari tingkat kadus yang nantinya akan berkelanjutan sampai ke dinas terkait sehingga mendapatkan informasi yang pas. Yang terpenting jangan berbuat anarkis," tuturnya.

Boy Yandra menerangkan saat di Kabupaten Bangka ada sekitar 32 ODP sembuh 2 dan PDP 3 sembuh 1. Lebih lanjut dikatakannya jika untuk di Kabupaten Bangka ada 2 dokter ahli yang dapat menangani virus corona tersebut.

"Dalam menangani penyebaran wabah virus corona ini kita harus menghindari kontak langsung dengan orang, lebih banyak waktu di rumah dan jaga kebersihan dengan baik dan teratur. Dan jika seandainya kita keluar dari rumah, upayakan pakaian yang kita pakai langsung dijemur karena kuman Covid-19 akan mati di suhu 50 derajat akan mati. Jika ada indikasi yang dinyatakan ODP atau yang sudah mengarah ke PDP maka Rumah Sakit Eko Maulana Ali sudah siap untuk melakukan penanganan. Saya tegaskan bahwa Pemkab Bangka dalam menangani penyebaran wabah virus corona ini sangat intens sekali," tutupnya.


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review