Boy Yandra : Pemkab Bangka Tunggu Tim GTPP Covid-19 Provinsi Bahas Pepres 82 Tahun 2020

Ibnuwasisto
Boy Yandra : Pemkab Bangka Tunggu Tim GTPP Covid-19 Provinsi Bahas Pepres 82 Tahun 2020
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan (GTPP) Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM MPH. (Foto.Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Dengan adanya keputusan Peraturan Presiden RI 82 tahun 2020 yang menyatakan adanya pembubaran tim gugus tugas Covid-19, Kabupaten Bangka dalam hal ini masih melakukan kegiatan seperti biasanya. Dan akan menunggu hasil rapat tim GTTP Covid-19 Provinsi Bangka Belitung.

Perpres tersebut menyatakan seolah-olah semua kegiatan yang ada di dalam tim Gugus Tugas sudah berakhir. Semua pihak harus pahami bahwa penyebaran pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Kami selalu mengingatkan bahwa virus corona masih belum hilang dan disarankan kepada masyarakat agar tetap selalu melaksanakan protokol kesehatan Covid-19. Namun secara kejiwaan didalam masyarakat dengan didengungkan new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru dan Gugus tugas dianggap sudah dibubarkan masyarakat menganggap kondisi sudah normal," tuturnya.

Pasalnya hal ini mesti dipahami serta harus diluruskan, Gustu memang sudah benar dibubarkan dengan berlakunya Perpres 82 tahun 2020 tersebut, namun selagi Satgas Penanganan Covid19 dimana kegiataannya belum terbentuk dengan ditandai SK baru maka fungsi gugus tugas covid-19 masih dilaksanakan seperti biasa.

"Kita akan masih menunggu petunjuk, arahan dan rekomendasi dari pusat, provinsi dan itu yang diamanatkan dalam Perpres tersebut. Kalau kita dari kabupaten akan menunggu dan mengacu dengan hasil pembentukan satgas Provinsi Babel. Nantinya BPBD Bangka akan selalu berkoordinasi dengan tim BPBD provinsi Babel terutama Perpres 82 tahun 2020," kata Boy Yandra.

Kabupaten Bangka pada saat ini masih menyisakan 1 pasien terkomfirmasi covid-19 dan dikarantina di Provinsi, sedangkan upaya yang selalu dilakukan oleh tim gugus covid-19 Bangka adalah peninjauan lokasi keramaian guna melihat kepatuhan masyarakat dalam penggunaan masker, jaga jarak dan cuci tangan dengan sabun yang disediakan pihak penyelenggara kegiatan.

Selain itu tim gugus didampingi tim relawan provinsi Babel untuk menelusuri tempat-tempat ibadah,rumah makan, warkop guna mengawasi porotokol kesehatan dan pembagian masker. Dengan harapan semoga kembali kepada zona yang layak yaitu zona hijau lagi.

"Kita sudah berkoordinasi dengan ketua GPPT Covid-19 Bangka Mulkan SH.MH, dan kamk akan menunggu hasil turunan Pepres 82 tahun 2020 dari GPPT -covid-19 Provinsi Babel," pungkasnya.


Penulis : Ibnu

Editor : 

Sumber : Babel Review