Boy Yandra : Rapid Test Antigen Wajib Bagi Pelaku Perjalanan

Kasmirudin
Boy Yandra : Rapid Test Antigen Wajib Bagi Pelaku Perjalanan
Boy Yandra

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM MPH, menjelaskan surat edaran yang dikeluarkan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung bahwa pemeriksaan rapid antigen mulaI berlaku sejak 21 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.

Surat rapid test antigen itu dijelaskan Boy Yandra, dapat berlaku selama 14 hari, namun sesuai dengan petunjuk dari Menteri Perhubungan bahwa surat pemeriksaan rapid antigen hanya berlaku selama 3 hari saja.

“Menurut saya, sebaiknya bagi para pelaku perjalanan harus melakukan koordinasi lagi dengan petugas yang ada di bandara atau pelabuhan untuk memastikan masa berlaku surat rapid test antigen tersebut. Sedangkan bagi anak yang berusia di bawah 12 tahun juga diwajibkan untuk rapid test antigen," jelasnya, Senin (21/12/2020).

Pasalnya, bagi anak yang berusia di bawah 12 tahun untuk pemeriksaan rapid test antigen tidak dikenakan biaya.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap melaksanakan 3 M, memakai masker seketika berada di luar rumah, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir kemudian menjaga jarak antar sesama. Jika ada anggota keluarga atau tetangga yang mengalami sakit atau demam sebaiknya langsung dibawa ke tempat pelayanan kesehatan, agar dapat dengan cepat dan mudah untuk mendeteksi apakah orang tersebut terpapar wabah virus corona atau tidak," tandasnya. (BBR)


Penulis : Ibnu Wasisto

Editor   : Kasmir