BPNB  Riau Tantang Pelajar Babel Ikut Lomba Mendongeng Berbahasa Melayu

Ahada
BPNB  Riau Tantang Pelajar Babel Ikut Lomba Mendongeng Berbahasa Melayu
Ilustrasi (ist)
PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID - Balai Pelestarian Nilai Budaya Kepulauan Riau menggelar lomba mendongeng berbahasa Melayu secara daring   yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 - 31 Mei 2020.
Hendri Purnomo, panitia pelaksana ketika dihubungi Senin (11/5/2020) malam di Pekan Baru Riau,  menjelaskan bahwa Peserta lomba adalah khusus siswa SMP dan SMA.
"Peserta lomba adalah khusus siswa SMP dan SMA,  negeri maupun swasta yang berada di wilayah kerja BPNB Kepulauan Riau yang meliputi Provinsi Kepulauan Riau, Riau, Jambi dan Bangka Belitung," jelasnya.
Hendri menjelaskan bahwa Dongeng yang dibawakan adalah cerita rakyat yang berasal dari daerah atau budaya setempat, misalnya dari Bangka Belitung, cerita yang di angkat adalah cerita rakyat Bangka Belitung yang harus di sampaikan dengan dialek melayu, namun harus mengacu pada tema.
Panitia menyiapkan tiga tema,  yaitu antara lain:
1. Terjadinya wabah di suatu daerah
2.  Pengobatan Tradisional
3. Perilaku Hidup Sehat
Materi cerita rakyat tidak boleh berupa cerita tokoh binatang atau fabel, dan isi cerita bersifat  membangun karakterbangsa  yakni, jujur, religius, peduli lingkungan, kreatif, tanggung jawab, disiplin, kerja keras, mandiri, demokrasi, cinta damai, dan senang belajar atau gemar membaca.
Dilanjutkan Hendri, Penilaian dilaksanakan secara online oleh tim juri yang sudah disiapkan.
Penilaian akan dilaksanakan pada senin - kamis tanggal 1 - 4 juni 2020,  dan pengumuman pemenang akan di sampaikan pada jumat 5 juni 2020 melalui laman BPNB Kepulauan Riau.
Setiap sekolah boleh mengikuti lebih dari 1 peserta tanpa batas dan tidak di pungut biaya alias gratis, namun harus mengisi pendaftaran.
Yang mau ikut atau penasaran bisa menghubungi nomor WA panitia di 081270006025. (BBR)
Laporan: Kulul Sari