Buka Musyawarah Bersama Forum RT dan BRI, Bupati Mulkan Sampaikan Visi dan Misi Program

kasmirudin
Buka Musyawarah Bersama Forum RT dan BRI, Bupati Mulkan Sampaikan Visi dan Misi Program
Bupati Bangka Mulkan membuka musyawarah bersama perwakilan Ketua RT se-Kabupaten Bangka dan BRI Sungailiat, Rabu (26/12). (foto:Irwan)

SUNGAILIAT, BABEL REVIEW -- Bupati Bangka Mulkan membuka musyawarah bersama perwakilan Ketua RT se-Kabupaten Bangka dan BRI Sungailiat, Rabu (26/12) di ruang Bina Praja Kantor Bupati Bangka di Sungailiat.

BRI menggaet para RT se-Kabupaten Bangka dalam upaya mendukung program pemerintah berupa bantuan sosial, yakni beras sejahteran dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Mulkan dalam pertemuan pertamanya dengan forum RT sejak dilantik sebagai Bupati Bangka tiga bulan lalu, memperkenalkan dan menyampaikan visi Bangka Setara yakni Sejahtera dan Mulya, serta misinya di hadapan forum RT se-Kabupaten Bangka.

Terkait dengan bantuan sosial, Mulkan menjelaskan, pemerintah melalui Kementerian Sosial RI meluncurkan pragram bantuan sosial yang terdiri dari beras sejahtera, dan BPNT.

Sedangkan penyaluran Bansos oleh BRI tahun 2018 terdiri dari beras, bantuan pangan non tunai hingga Oktober 2018 masih mendapatkan bansos rastra bagi setiap keluarga penerima manfaat (KPM) menerima 10 kg beras. Sedangkan mulai November dan Desember 2018 sudah tertransformasi melalui BPNT setiap KPM mendapatkan kartu yang di dalam kartu tersebut terdapat uang Rp110 ribu untuk membeli beras.

“Di Kabupaten Bangka sudah terdapat 11 e-warong dan telah melaksanaan pengambilan beras dari Program BPNT ini,” kata Mulkan.

Program Banson dimaksudkan diantaranya untuk mengurangi beban penerima manfaat guna memenuhi sebagian kebutuhan pangan, meningkatkan ketepatan sasaran waktu penerimaan bantuan pangan dan lain-lain.

Sementara itu, jumlah KPM untuk BPNT tahun 2018 di Kabupaten Bangka dengan kuota dari Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 5.079 dan non PKH sebanyak 5.294 dengan total 10.373 dengan penerimaan manfaat tersebar di 8 kecamatan di Kabupaten Bangka.

Pimpinan Cabang BRI Sungailiat Ahmad Muflihin menjelaskan, kerja sama Dinsos Pemdes Kabupaten Bangka dengan BRI dalam mengoperasikan e-warong tempat berbelanja kartu penerima manfaat sudah berlangsung dan sudah dimanfaatkan KPM.

Untuk meningkatkan capaian program tersebut BRI menjalin kerja sama di antaranya dengan forum RT.

Menurut Muflihin, untuk keberhasilan program bansos ini perlu dukungan semua pihak. Sehingga seribu lebih kartu yang tersisa dapat disalurkan kepada KPM. Musyawarah bersama forum RT dan BRI juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Bangka Parulian Napitupulu. (BBR)


Penulis : Irwan                 
Editor   : Kasmir
Sumber :Babelreview