Bukit Terak Desa Kaya Potensi Alam

Admin
Bukit Terak Desa Kaya Potensi Alam
Foto :(Budi susatyo)

SIMPANG TERITIP, BABELREVIEW -- Desa Bukit Terak di Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat merupakan desa hasil pemekaran dari Desa Kundi. Dimana Desa Kundi saat ini dimekarkan menjadi tiga desa yakni Desa Kundi, Desa Bukit Terak dan Desa Air Menduyung. Desa Bukit Terak sendiri terdiri dari 4 dusun yaitu Dusun Air Panji, Dusun Air Dalam, Dusun Sinar Laut, dan Dusun Sinar Bukit. Dalam menjalankan roda pemerintahan, Kades Bukit Terak, Kamisun M Yamin, dibantu oleh 12 perangkat desa, dan 13 ketua RT.

Dengan luas wilayah 1.434 hektare serta memiliki garis pantai yang luas, Desa Bukit Terak memiliki banyak potensi untuk menopang pendapatan dan penghasilan masyarakatnya. Mayoritas warga desa ini bekerja sebagai petani atau pekebun dan nelayan. Untuk mewujudkan visi misi seperti tertuang dalam RPJM Desa Bukit Terak tahun 2016-2022, Desa Bukit Terak melakukan beberapa upaya di bidang kelautan, pariwisata, dan perkebunan.

Memiliki bentang pantai yang cukup luas membuat Desa Bukit Terak berupaya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat melalui potensi tersebut. Kades Bukit Terak, Kamisun M Yamin menjelaskan, bahwa salah satu potensi di bidang kelautan yamg menonjol adalah budidaya kerang. Sebab karakter pantai yang berlumpur serta kondisi perairan yang masih terjaga, membuat budidaya kerang ini memiliki potensi yang sangat besar.

 “Selain itu di Desa Bukit Terak juga telah terdapat Kelompok Masyarakat Pesisir (KMP) Karang Senohong. Dimana KMP ini memiliki dua perahu bantuan dari pemerintah daerah yang mereka pergunakan unutuk melayani wisatawan yang datang ke Desa Bukit Terak,” kata Kamisun.

Dikatakan Kamisun, KMP Karang Senohong melayani jasa penyewaan perahu untuk memancing dan snorkeling di lokasi Karang Berang-Berang yang terletak tepat di depan wilayah Desa Bukit Terak. “Di lokasi Karang Berang-Berang ini, terdapat gugusan karang serta adanya bangkai kapal karam yang memiliki potensi sebagai daerah tangkapan ikan.

Di lokasi tersebut juga terdapat area dengan gugus karang yang masih terjaga, serta tidak terlalu dalam. Sehingga dapat juga dinikmati sebagai lokasi snorkeling,” tukasnya. Selain potensi di bidang kelautan, tambah Kamisun, Desa Bukit Terak saat ini juga melakukan uji coba penanaman buah nanas.

Ia menjelaskan tanah kas desa yang mereka miliki sangat luas. “Dengan kondisi sedikit berpasir diharapkan tanaman nanas cocok ditanam di lahan tersebut. Untuk tahap awal kami melakukan uji coba di lahan seluas 1 hektare dahulu. Dari pengamatan yang ada tanaman nanas tersebut dapat tumbuh dengan baik,” imbuhnya.


Penulis : Buditio
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview