Bupati Bangka Tengah Keluarkan Surat Edaran Cegah Kerumunan di Lokasi Wisata

Kasmirudin
Bupati Bangka Tengah Keluarkan Surat Edaran Cegah Kerumunan di Lokasi Wisata

BANGKATENGAH, BABELREVIEW.CO.ID --  Guna memastikan tidak ada kerumunan di lokasi-lokasi wisata di wilayah Kecamatan Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah, pihak Kecamatan Pangkalanbaru melakukan pemantauan dan penertiban di lokasi-lokasi wisata. Hal ini dilakukan sesuai Surat Edaran (SE) Bupati Bangka Tengah, yang dilaksanakan mulai 12-16 Mei 2021.

"Kegiatan ini kita lakukan terkait dengan kepatuhan terhadap penutupan tempat wisata di Kecamatan Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah. Alhamdulillah jumlah kunjungan masyarakat (wisatawan lokal) ke tempat wisata di Kecamatan Pangkalanbaru pada tanggal 12-14 Mei 2021 tidak terlalu signifikan atau belum menimbulkan kerumunan," ungkap Camat Pangkalanbaru, Samsul Komar.

Melihat hasil pemantauan tersebut, kata Samsul Komar, hal ini berarti para pengelola tempat wisata masih mampu menutup dan mengendalikan tempat wisata masing-masing.

"Pemantauan dan penertiban lalu kami laksanakan pada tanggal 15 dan 16 Mei 2021, yang kita dianggap sebagai puncak atau lonjakkan jumlah pengunjung tempat wisata," ujar Samsul Komar.

Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Kecamatan Pangkalanbaru, Satpol PP PP BKO Kecamatan Pangkalanbaru, Kapolsek Pangkalanbaru beserta jajarannya, dan Komandan Koramil Pangkalanbaru beserta jajarannya, serta pihak Pemerintah Desa. Selain itu, dilibatkan juga para pengelola tempat wisata di Kecamatan Pangkalanbaru.

Sekitar satu minggu sebelum lebaran para pengelolah objek wisata sudah mendapat Surat Edaran Bupati Bangka Tengah terkait penutupan sementara tempat wisata di seluruh wilayah di Kabupaten Bangka Tengah.

Beberapa lokasi wisata yang ditutup sementara saat itu antara lain Pantai Telapak Antu. Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Pantai Telapak Antu cukup proaktif melakukan penutupan tempat wisata ini.

Selain Pantai Telapak Antu Desa Batu Belubang, pemantauan dan penertiban juga dilakukan di Pantai Pan Semujur dan Bukit Angsa Emas Desa Tanjung Gunung, Bukit Pinteir Kelurahan Dul, dan Bukit Kejora Desa Beluluk.

Kegiatan pemantauan dan penertiban ini dilakukan mulai tanggal 12 - 16 Mei 2021. Pihak Kecamatan Pangkalanbaru menugaskan anggota Satpol PP BKO Kecamatan Pangkalanbaru untuk memantau ke lima tempat wisata di wilayah Kecamatan Pangkalanbaru, terkait dengan jumlah kunjungan wisatawan.

  • Halaman
  • 1
  • 2