Cake Ala Chandni Choc

Admin
Cake Ala Chandni Choc
ilustrasi foto :Vigest

PANGKALPINANG, BABEL REVIEW -- Siapa yang tak suka cake, penganan berbahan dasar mentega dan tepung ini sejak dulu telah menjadi favorit banyak orang, terlebih kini variasi cake semakin beragam dengan rasa yang enak dan tampilan yang menarik. Saat ini di wilayah Pangkalpinang pebisnis cake semakin marak dan masing-masing menawarkan berbagai keunggulan dan ciri khasnya sendiri-sendiri.

Salah seorang yang berkecimpung dalam bisnis ini adalah Merinda Haris atau yang akrab disapa Meri (30). Beralamat di Jalan Pulau Pelepas, Desa Beluluk Kec. Pangkalan Baru, Meri sehari-hari memproduksi aneka cemilan cake bagi para konsumennya. Berawal dari kegamarannya ngemil, Meri akhirnya memberanikan diri untuk mengepakkan sayap di dunia bisnis kue.

Chandni Choc menjadi nama brand pilihannya dan kini mulai banyak dikenal dan digandrungi masyarakat. “Awalnya memang belum memiliki passion di dunia cooking. Kemudian bergabung di website resmi Natural Cooking Club, dan mendapatkan banyak inspirasi mengkreasikan cake /kue basah disana.

Fatmah Bahalwan, selaku pendiri website menjadi sosok inspirasi saya di balik usaha Chandni Choc ini. Setelah saya coba-coba membuat cake lalu saya berikan ke kerabat-kerabat, dan testimoninya positif. Saya kemudian memberanikan diri untuk menyeriusinya sebagai usaha,”kisah Meri. Sejak akhir 2013 Meri mulai membuat aneka cake untuk dipasarkan. 

Ada macam-macam varian cake di Chandni Choc, mulai dari choco cake, banana chocochips brownies, double choco, choco cheese cake dan yang menjadi best sellernya hingga saat ini yakni cheese cake dan klapetaart.Harga yang dibandrol untuk setiap produk berbeda-beda,bergantung dari ukuran dan jenis dengan kisaran mulai dari 15 ribu- 250 ribu rupiah. ‎

Chandni Choc  saat ini memiliki 5 karyawan yang bertugas di bagian produksi, marketing, dan delivery. Dikatakan Meri, dalam sehari mereka mampu menghasilkan  10-20 berbagai produk Chandni Choc. “Concern utama kami menjual cake bergantung pada bahan dan rasa. Kami selalu menggunakan bahan yang berkualitas, dan memikirkan komposisi yang tepat.

Chandni choc dibuat tanpa bahan pewarna maupun pengawet. Untuk tepung kami tidak menggunakan terigu, tetapi tepung dari sorgum. Hal tersebut agar rasa lebih creamy dan tidak enek saat dimakan. Kami juga mendominasikan bahan buah dalam menyajikan cake, agar mendapatkan perpaduan rasa dan lebih supaya lebih sehat.

Rasa juga menjadi hal krusial, keinginan kami adalah pelanggan puas tidak hanya dari segi keunikan kreasi, tetapi juga unggul dalam rasa. Karena sejatinya makanan itu bukan untuk difoto, tetapi dimakan,”ujar Meri. Meri membocorkan income yang diperoleh yakni hingga 10 juta rupiah/bulan. Diungkapkan Meri hingga saat ini tidak ada kendala berarti yang ditemuinya. Namun setiap bidang (produksi, marketing, dan delivery) memiliki tantangan masing-masing.

“Kalau dari segi produksi ya berusaha mempertahankan kualitas produk dengan bahanbahan yang baik, dan cara mengkreasikan cake agar tidak mengecewakan pelanggan, pada bagian marketing tantangan menarik minat masyarakat bagaimana agar melirik Chandni Choc, dari segi delivery tantangannya ketika mengantar produk ini agak riskan mengingat produk kue yang lemah konsistensinya jadi harus hati-hati agar tidak merusak wujud kue,” katanya.

Diakui Meri, produk Chandni Choc mengedepankan bahan utama dari hasil tepung sorgum di daerah Kace dan kerap memakai bahan dari susu sapi BBG, jadi turut memanfaatkan produk industri yang ada di Bangka Belitung. “Saat ini pengiriman produk Chandni Choc telah menembus beberapa daerah di Bangka, dan telah sampai ke luar Bangka, yakni Jakarta, Semarang, Solo, hingga Bali. Kami belum memiliki toko sendiri, masih berupa dapur produksi dan show case.

Dan sekarang sedang dalam proses pematenan brand produk dan rencana membangun toko untuk kedepannya,” kata Meri. Instagram, dan fanspage facebook diakui Meri menjadi senjata online dalam mempromosikan cake buatannya ini. Meri berharap semoga Chandni Choc dapat terus mempertahankan kualitasnya dalam segi bahan dan rasa, dan Chandni Choc semakin banyak dikenal dan diminati sebagai penganan cake enak kekinian khususnya di wiliayah Bangka Belitung. (BBR)


Penulis :Vigest
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview